Acasha, Bekas Tambang Kapur yang Disulap Jadi Kolam Renang

BERMAIN, WISATA

Di Pantura Lamongan, kolam renang bermunculan tiap tahun. Di Penanjan Paciran sudah ada kolam renang yang paling tua usianya sekaligus paling terkenal. Dulu tiket masuknya Rp5.000. Sekarang naik jadi Rp8.000.

Di sini ada tiga kolam. Satu kolam untuk main kecipak-kecipuk anak TK-SD. Satu kolam untuk remaja. Dan satu kolam dengan kedalaman orang dewasa untuk berenang sungguhan.

Di Blimbing ada kolam renang Refresh. Kolam renang ini sebetulnya jauh lebih bagus daripada kolam renang Penanjan. Lahannya luas dan sudah dikonsep sebagai tempat wisata. Sayangnya, kolam renang ini sepi. Ada banyak faktor yang membuatnya tidak laris. Salah satunya adalah harga tiket yang masih terhitung agak mahal dan hawanya yang dingin karena dikelilingi sawah dengan udara yang bertiup kencang. yang Kami pernah menulisnya di sini. Sebetulnya secara pribadi kami lebih suka dengan kolam renang Refresh daripada Penanjan walaupun tiketnya sedikit lebih mahal. Tapi sayang, karena kalah bersaing dengan Penanjan, kolam renang Refresh tidak terurus.

Ada alternatif yang jauh lebih bagus tapi lokasinya juga cukup jauh, yaitu kolam renang Malindo di Dukun, Gresik. Ini bisa disebut sebagai kolam renang terbaik buat warga Lamongan, terutama Pantura. Tiket masuknya cuma Rp15.000 tapi pilihan kolamnya super lengkap, mulai dari kolam buat anak bayi sampai dewasa. Bahkan ada aneka wahana permainan. Apalagi sekarang kolam renang ini juga dilengkapi dengan kolam ombak yang bisa memberi sensasi ombak tsunami. 

Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Kalau kita mau alternatif yang lebih murah dari Penanjan, kita bisa berkunjung ke kolam renang Acasha di Desa Sendangagung, Paciran. Tiketnya hanya Rp5.000. Lokasinya di sebelah selatan kolam renang Penanjan. Pintu masuknya dari pertigaan Pemadam Kebakaran, lurus ke selatan, setelah Tebing Cafe.

Sebetulnya jaraknya hanya sekitar 2 km dari jalan raya. Tapi rasanya agak jauh karena jalannya sempit, tidak begitu bagus, dan menanjak. Harap maklum, kolam renang ini berada di Gunung Kendil, yang juga merupakan lokasi Tebing Cafe.

Kolam ini dibangun di bekas galian tambang kapur. Sekilas tampak seperti mulut gua. Karena berupa bekas tambang, kolam renang ini dikelilingi oleh dinding bukit kapur yang cukup tinggi. Ini menyebabkan udara di dalam kolam renang tidak begitu dingin karena angin tidak bertiup kencang di sini.

Sebetulnya kolam renang ini lebih ditujukan buat anak-anak. Jadi ini untuk wisata keluarga. Memang ada bagian kolam untuk orang dewasa tapi tidak cukup dalam digunakan untuk berenang seperti di Penanjan atau Refresh.

Selain lebih murah dari Penanjan, kolam ini punya beberapa kelebihan dari Penanjan. Di sini banyak tempat duduk, bahkan ada beberapa saung di bukit di atas kolam renang. Di sini juga ada arena bermain dengan tiket tersendiri seharga Rp10.000. Ada juga kolam terapi ikan dengan tiket seharga Rp5.000. Kalau lapar, kita bisa beli makanan dan minuman di kantinnya. 

Persis di atas kolam renang ada jembatan lengkung yang bisa dinaiki sekadar untuk berfoto-foto. Jembatan ini cukup tinggi sehingga orang yang takut ketinggian bisa takut naik. Tapi secara pribadi kami sebetulnya lebih menyarankan Acasha sebaiknya berfokus ke wahana dengan risiko rendah saja. Apalagi belum lama ini kita mendengar berita jembatan kaca yang pecah dan menewaskan wisatawan di Banyumas.

Sebetulnya kolam renang ini bagian dari Acasha Fun Park yang juga menawarkan kegiatan luar ruangan buat anak-anak, seperti berkemah. Cocok buat rombongan anak TK. Jika berminat, hubungi:

Instagram: acasha_lamongan/ 

Facebook: acasha lamongan 

Buka setiap hari mulai jam 07.00-16.30 WIB

WA 1 : 0852-3084-9429 (fast respons)

WA 2 : 0857-7196-3258

Google Maps klik di sini.

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Leave a Reply