Info Lengkap 12 Pantai di Lamongan, Banyak yang Gratis

ALAM, WISATA

Selama ini pantai di Lamongan yang paling terkenal mungkin hanya Tanjung Kodok di Paciran dan Pantai Kutang di Labuhan, Kecamatan Brondong. Padahal sebetulnya hampir di semua desa di sepanjang pesisir Lamongan ada pantai yang bisa dikunjungi wisatawan. Mari kita lihat satu-satu mulai dari wilayah barat. 

Pantai-pantai di Lamongan memang tidak semulus pantai-pantai di Tuban atau Pantai Delegan Gresik. Sebab pantai di Lamongan aslinya adalah bekas kawasan hutan bakau.

Ada yang masuknya gratis. Hanya bayar parkir. Ada juga yang tiket masuknnya Rp 5.000.

Semua pantai di Lamongan ombaknya kecil. Tidak seperti pantai-pantai selatan Jawa yang ombaknya besar-besar. Ombak Pantura paling besar biasanya hanya berlangsung di awal musim hujan. Kalau ombaknya besar, biasanya pantai ditutup untuk wisatawan.

1. Pantai Joko Mursodo, Lohgung, Kecamatan Brondong

Google Maps klik di sini. Kelemahan utama pantai ini adalah lokasinya yang cukup jauh dari Jalan Raya Deandels. Tidak ada angkutan umum. Harus pakai kendaraan pribadi.

Di sini siang hari cuacanya cukup panas. Jangan lupa bawa topi, kacamata hitam, dan tabir surya.

Pantai Joko Mursodo berpasir lembut yang bercampur dengan karang. Tipikal bekas hutan bakau. Di sepanjang pantai kita masih bisa melihat bongkot-bongkot bakau. Sayang sekali, pantai ini harusnya bisa lebih indah andai saja hutan bakaunya dilebatkan kembali.

Jika Anda ingin mencicipi sajian kuliner paling khas di daerah ini, Anda bisa mencoba rujak engos-engos. Engos-engos adalah rumput laut yang dipanen dari tambak-tambak di sekitar pantai. Ini sajian khas yang tidak ada duanya di tempat lain. Bahkan di Lamongan pun sulit dijumpai. Tempatnya di Dusun Ganting, Desa Lohgung. Lokasinya silakan ditanyakan ke penduduk setempat.

Instagram: jokomursodobeach/

pantai joko mursodo lamongan
Foto: Aji Rusanto
pantai di lamongan
Foto: m_ilmiyah/

Foto: hrlaksana

2. Pantai Kutang, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong

Di sebelah timur Pantai Joko Mursodo, sekitar 5 km, ada Pantai Kutang, di Desa Labuhan, masih di Kecamatan Brondong. Pantai ini lebih dulu terkenal gara-gara namanya yang provokatif. Dibandingkan Pantai Joko Mursodo, Pantai Kutang lebih indah, lebih tertata karena memang lebih dulu dikelola sebagai tempat wisata. Garis pantainya lebih panjang, hamparan pasirnya lebih luas. Lebih enak buat anak-anak untuk bermain air.

Foto: wisatapantaikutang/
Foto: coemamdini/

UPDATE 2024:

Pasir yang digunakan untuk lesehan di gambar di atas ini sekarang sudah luruh terbawa ombat ke laut. Jika air sedang surut, kita sudah tidak bisa lesehan di tempat ini. Karena itu sebaiknya Anda datang pada saat air sedang pasang. Bagaimana kita tahu air sedang pasang?

Selengkapnya bisa dibaca di sini. Atau, Anda bisa bertanya lewat DM di media sosial kami sebelum berangkat ke sini. Waktu terbaik ke sini adalah puncak musim kemarau ketika cuaca sedang panas-panasnya. Ini rahasia. Selengkapnya baca di sini.

Pantai ini sudah berbayar. Ada tiket masuknya.

TiketTarif
Masuk per orang5.000
Parkir sepeda motor2.000
Parkir mobil6.000
Parkir bus10.000
Prewedding100.000

Google Maps klik di sini.

3. Pantai Wedung, Sedayulawas, Brondong

Pantai ini tidak begitu dikenal kecuali oleh penduduk setempat. Sampai sekarang masih gratis. Lokasinya tersembunyi. Hanya bisa dijjangkau dengan sepeda motor. Mobil tidak bisa masuk ke sini karena jalannya berupa jalan setapak melewati pematang tambak.

Tempatnya ada di Dusun Wedung, sebelah barat-utara Desa Sedayulawas, Kecamatan Brondong. Dari jalan raya Daendels, jalan masuknya ada di sebelah barat jembatan Sedayulawas, melewati Dusun Wedung. Sampai di lapangan desa, persis di depan musala, kita belok kanan, mengikuti jalan setapak berliku-liku.

Pantai Wedung ini memiliki bagian yang berpasir putih dengan panjang beberapa belas meter. Memang tidak panjang tapi cukup untuk tempat bermain anak-anak. Pada saat air surut, bagian pasir ini tidak terendam air. Tapi jika air sedang pasang, bagian berpasir ini terendam air laut. Cocok untuk tempat bermain anak-anak. Pada sore hari di tempat ini bahkan ada penjual makanan dan minuman seperti es cokelat dan mi instan.

Google Maps klik di sini.

4. Pantai Pelabuhan Sedayulawas, Kecamatan Brondong

Pantai di desa ini sekarang disulap menjadi tempat wisata yang cukup ramai. Tapi wisata ini hanya berlangsung di hari Jumat pagi dan Minggu pagi. Di luar hari itu, pantai ini sepi.

Tempat wisata baru ini sebetulnya adalah bangunan Pelabuhan Sedayulawas. Tapi pelabuhan ini belum beroperasi dan sekarang dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat. Di sini ada lapangan yang luas, lintasan jalan mulus untuk lari, dan tempat duduk persis di pantai. Pada hari Sabtu dan Minggu pagi, ratusan orang berbondong-bondong ke sini.

pantai di lamongan sedayulawas

Di sini juga ada penjual aneka makanan, jajanan, mainan, perpus dadakan, dan sebagainya. Kami sudah pernah menulisnya. Selengkapnya silakan baca di sini.

5. Pelabuhan Nasional Brondong

Ini sebebetulnya bukan pantai alami melainkan pelabuhan hasil reklamasi. Meski begitu, tempat ini bisa dikunjungi wisatawan. Di sini kita bisa melihat perahu-perahu nelayan yang sedang ditambatkan. Ini adalah objek foto paling menarik dan membedakannya dengan pantai-pantai lainnya.

pelabuhan di lamongan

Di sebelah timur pelabuhan ini kita bisa mengunjungi Monumen Van der Wijck. Kalau lapar, kita bisa makan di Warung Mak Yah, lokasinya persis di seberang pintu masuk pelabuhan. Di warung ini kita bisa menikmati hidangan aneka ikan laut secara prasmanan dengan harga yang bersahabat.

6. Pantai Kandang Semangkon, Paciran

Pantainya sempit karena memang aslinya bukan tempat wisata. Hanya kebetulan di sini ada satu spot foto favorit para selebgram lokal, dengan latar belakang bakau dan perahu kandas. Lokasi pantai ini ada di sebelah barat Kafe Aola. Ini bukan tempat bermain, hanya untuk berfoto satu jepretan.

Foto: kholifatul ummah

Update:

Sekarang di Pantai Pengkolan ini ada satu spot yang bagus untuk menikmati senja. Di sini ada kedai Kopi Senja Pukul 5. Sayangnya, untuk orang luar Lamongan, untuk bisa menikmati pantai ini, kita harus menunggu sampai petang. Jadi pulangnya pasti malam hari.

7. Pantai Kafe Aola, Paciran

Lokasinya ada di Desa Kandang Semangkon, Paciran. Pantai di kafe ini berpasir lembut. Cocok buat tempat anak-anak bermain. Garis pantainya hanya 20 meter karena memang ini hanya bagian tepi dari Kafe Aola.

Tak hanya pantai, di sini juga ada wahana bermain lain seperti bianglala. Karena pantai ini ada di kawasan kafe, kita harus masuk kafe untuk bisa menikmatinya. Tapi tenang saja, harga menunya terjangkau. Selengkapnya tentang kafe Aola bisa dibaca di sini.

Update: Bagian pantai yang berpasir putih sekarang sudah direklamasi dengan beton dan menjadi tempat duduk, persis di tepi air. Anak-anak tidak lagi bisa bermain di dalam air. Akan tetapi kafe Aola ini tetap bisa menjadi pilihan untuk mengajak semua anggota keluarga menikmati pantai. Anak-anak bisa bermain di arena permainan anak-anak.

Pantai kafe ini punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh pantai lain. Lokasinya persis di tepi jalan raya Daendels. Paling mudah dijangkau sembari lewat. Parkirnya luas. Kursinya ratusan. Bisa untuk sekadar bersantai. Bisa juga untuk pertemuan yang serius. Tidak ada tiket masuknya. Hanya kita harus memesan makanan atau minuman di kafe.

8. Pantai Lorena, Paciran

Nama “Lorena” adalah singkatan dari Lore Nanjan, yang artinya sebelah utara Desa Penanjan. Ini pantai umum, masuknya tidak dipungut biaya. Tapi pantainya bukan pantai berpasir melainkan berbatu. Lantai pantai adalah batu karang yang licin. Jika air laut sedang surut, kita bisa turun ke pantai tapi harus hati-hati. Lokasi pantai ini persis di sebelah barat Wisata Bahari Lamongan. ‘

Pantai berada persis di pinggir Jalan Raya Deandels. Tanpa direncanakan pun kita akan melewati pantai ini jika melewati Paciran, misalnya ke WBL, Maharani, atau Aola. Pantainya memang tidak begitu indah tapi eksotik karena berlantai karang dan terbuka. Cocok buat fotografi senja. Jangan lupa, kalau lewat Paciran, untuk mampir di Rujak Mak Tas, rujak legendaris Pantura. Kalau lapar, kita bisa mampir di Taman Kuliner Paciran yang letaknya hanya beberapa puluh meter dari Pantai Lorena.

Foto: fendy_lavigne/

9. Pantai Tanjung Kodok, Paciran

Ini pantai yang sudah kondang. Sayangnya, pantai ini sekarang milik Wisata Bahari Lamongan (WBL). Untuk menikmatinya, kita harus masuk ke WBL dengan tiket yang lumayan mahal. Kelebihannya tentu saja ada banyak wahana permainan air di sini. Kita bisa naik perahu atau sepeda air. Tidak cuma mencelupkan kaki di pantai.

Di sini kita juga bisa melihat batu tanjung berbentuk kodok yang menjadi asal-usul nama tempat ini. Tempat wisata ini memiliki banyak sekali wahana permainan. Cocok buat liburan lebaran atau libur sekolah. Kalau ke sini jangan lupa membawa ganti baju karena cuaca di sini panas dan hampir pasti baju kita basah karena kena air.

10. Pantai Tunggul, Kecamatan Paciran

Pantai Tunggul ada di sebelah timur WBL. Belum terkenal. Bukan tempat bermain. Baru dalam proses dikembangkan menjadi tempat wisata. Sekarang baru ada satu spot foto. Bolehlah kalau dikunjungi, sekadar mampir sebentar untuk satu dua jepretan.

Foto: very_oi/

Update 2024:

Pantai Tunggul ini tidak begitu berhasil dijadikan sebagai tempat wisata. Sampai sekarang masih sepi. Jembatan untuk berfoto ini sekarang terbengkalai. Akan tetapi sebetulnya pantai ini bisa dijadikan alternatif untuk tempat bermain bersama anak.

Pantai ini punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh pantai lain di Lamongan. Sampai sekarang masih gratis. Tidak ada tiket masuknya. Pantai ini juga barusan dikeruk. Airnya cukup dalam. Saat air sedang pasang, ketinggian air mencapai beberapa puluh sentimeter. Anak-anak bisa menceburkan diri di sini.

Makin asyik kalau gelombang sedang cukup besar. Anak-anak akan merasakan sensasi diayun-ayun oleh gelombang. Gelombang laut sebetulnya atraksi yang sangat menyenangkan buat anak-anak. Di kolam renang Malindo saja, atraksi yang paling ditunggu pengunjung adalah Atraksi Ombak. Pengunjung harus menunggu beberapa jam untuk merasakan ombak. Di Pantai Tunggul, ombak datang tiap 10 detik dan gratis.

Kelemahannya, dasar pantai berbatu-batu besar. Anak-anak harus memakai sandal agar kaki tidak lecet kena batu.

Setelah bermain di pantai, kita bisa mengajak anak makan di kafe yang berada persis di pantai. Di sebelah kafe ada tempat bermain buat anak-anak TK. Sembari orangtua makan, anak-anak bisa bermain di sebelah kafe.

11. Pantai Maldives (Kempala) Kemantren, Paciran

Namanya agak mengagetkan: Maldives. Ini adalah mimpi agar Pantai di Desa Kemantren ini bisa seindah dan seterkenal wisata Maladewa. Lokasi pantai ini dekat dengan situs wisata religi, Masjid al-Abror dan makam yang dipercaya sebagai makam Maulana Ishak (ayah Sunan Giri). Sekali jalan bisa mengunjungi dua tempat wisata sekaligus.

Lokasi pantai juga tidak begitu jauh dari Jalan Raya Deandels. Hanya beberapa ratus meter. Jalannya juga cukup lebar buat kendaraan besar karena memang makam Maulana Ishak adalah tempat wisata religi yang banyak dikunjungi peziarah dengan bus-bus besar.

Foto: khurotaayun_0976/
Foto: mbahkakung_ig/

12. Pantai Putri Klayar, Sidokelar, Paciran

Pantai ini sebetulnya sangat potensial dikembangkan menjadi tempat wisata setara Pantai Delegan Gresik. Lokasinya memang tidak jauh dari Delegan. Pasirnya juga lembut mirip Delegan. Pantainya landai, ombaknya tidak besar, garis pantainya juga panjang. Sayang, pantai ini belum dikelola dengan baik. Jika saja dikelola sebagai tempat wisata, Putri Klayar bisa saja menjadi pantai di Lamongan nomor satu.

Kami sudah pernah menulis tentang pantai ini. Selengkapnya silakan baca di sini dan di sini.

UPDATE 2024:

Saat ini Pantai Putri Klayar terus dibenahi dan semakin akrab buat wisatawan. Pantai ini sangat cocok dijadikan tempat melakukan kegiatan alam bersama kawan-kawan. Seperti yang dilakukan oleh Mutiara Firdausy dan kawan-kawan ini. Bisa juga buat berkemah, bahkan buat foto pre-wedding pun bagus.

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

2 comments

Leave a Reply