SUPLEMEN BUAT IBU HAMIL

APOTEK

Sebagian besar suplemen vitamin boleh dijualbelikan di Tokopedia, Shopee, dll. Isinya zat gizi seperti vitamin, mineral, bahan herbal, dan sejenisnya. Asalkan diminum sesuai anjuran dosisnya, suplemen tergolong aman, termasuk buat ibu hamil.

Kalau kita googling suplemen buat ibu hamil, kita akan mendapat rekomendasi merek-merek seperti Folamil Genio, Prolacta, Folavit, Blackmores. Semua suplemen ini bagus. Namun, hal pertama yang perlu dicatat adalah bahwa sumber terbaik vitamin untuk ibu hamil adalah makanan sehari-hari. Bukan suplemen di apotek.

Kalau bumil doyan makan dan makanannya bervariasi, sebetulnya ia tidak perlu minum suplemen. Pada saat hamil, si ibu membutuhkan nutrisi lebih banyak dari biasanya. Jadi ia harus makan lebih banyak, lebih variatif, dan lebih sering daripada biasanya. Kalau makannya sama saja seperti sebelum hamil, kemungkinan besar janinnya akan kurang gizi.

Selama hamil, ia harus makan lebih banyak, lebih bervariasi. Makan sayur, buah, ikan, ayam, daging, susu, dll. Tak perlu takut dengan kolesterol walaupun saat dicek darah, kolesterolnya tinggi. Pada saat hamil, ibu memang butuh banyak kolesterol untuk pembentukan janin.

Jika selama hamil, si ibu sering mengalami mual muntah, tidak begitu doyan makan, atau makanannya tidak bervariasi, maka ia memang disarankan minum suplemen. Tapi sebelum minum suplemen, bumil bisa mencoba minum susu lebih dulu.

Kenapa urutannya begitu? Karena susu mengandung zat gizi yang lebih lengkap. Di dalam susu ada protein, lemak baik, mineral, dan vitamin. Sementara suplemen-suplemen vitamin biasanya hanya berisi vitamin dan mineral. Ada sebagian suplemen yang ditambah lemak baik tapi bagaimanapun nutrisi dari makanan langsung pada umumnya lebih baik. 

Susu untuk ibu hamil macam-macam mereknya. Misalnya, Prenagen Mommy, SGM Bunda, Lactamil Pregnasis, Lovamil, Anmum Materna, Frisian Flag Mama, Enva Mama, dll. Tak perlu fanatik dengan merek. 

Semua produk susu itu bermanfaat buat ibu hamil. Bahkan “susu biasa” yang murah seperti Dancow atau Susu Bendera biasa (buat anak) pun sebetulnya sudah cukup. Tidak harus susu khusus buat ibu hamil yang harganya biasanya mahal. 

Jika bumil mengalami mual muntah yang parah, ia bisa minum susu plus suplemen ibu hamil. Suplemen bumil biasanya mengandung zat gizi utama asam folat, zat besi, kalsium, vitamin D. Asam folat diperlukan untuk mencegah cacat pada janin. Zat besi untuk mencegah bumil mengalami kurang darah. Kalsium dan vitamin D untuk pembentukan tulang pada bayi.

Sebetulnya vitamin dan mineral lain juga sangat diperlukan. Tidak hanya vitamin dan mineral di atas. Itu sebabnya minum susu lebih direkomendasikan karena susu gizinya lebih lengkap. Dengan harga yang sama, susu bisa memberi gizi lebih lengkap daripada suplemen.

Beberapa merek suplemen vitamin ibu hamil yang terkenal misalnya:

  • Folamil Genio

Kandungannya cukup lengkap, mulai dari asam folat, kalsium, zat besi, lemak baik, dan vitamin-vitamin lain. Harganya juga cukup mahal.  

  • Prolacta Mother

Mengandung minyak ikan dan vitamin E. Vitamin dan mineralnya memang tidak lengkap karena lebih ditujukan untuk mencukupi kebutuhan lemak baik. Harganya juga cukup mahal. 

  • Blackmores

Blackmores punya beberapa varian suplemen buat ibu hamil. Salah satunya, Blackmores Pregnancy. Isinya lengkap. Harganya juga mahal. Ada juga varian yang lebih murah, yaitu Blackmores I-Folic. Tapi isinya tidak lengkap, hanya asam folat dan yodium. 

  • Osfit DHA

Isinya kalsium, vitamin D3, dan minyak ikan. Harganya juga mahal. 

  • Folavit

Harganya murah. Isinya hanya asam folat. Kurang lengkap. 

  • Promavit

Isinya cukup lengkap, mulai dari asam folat, vitamin lain, hingga lemak baik. Harganya juga cukup mahal. 

  • Formom

Isinya vitamin dan mineral. Tidak mengandung lemak baik. Harganya cukup murah. 

Selain merek-merek di atas, masih banyak merek lain. Tidak perlu terpaku pada satu merek tertentu. Minum suplemen yang tersedia di apotek terdekat saja. 

Bahkan sebetulnya suplemen multivitamin biasa yang tidak pakai embel-embel ibu hamil pun bisa saja dipakai. Misalnya merek Elkana, Becom C, Enervon C, dan lain-lain. Intinya, bumil butuh banyak nutrisi. Butuh vitamin dan mineral ekstra. Merek tidak penting.

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Leave a Reply