Seri Pantai di Lamongan (6): Pantai Delegan vs Pantai Kutang vs Pantai Klayar

ALAM, WISATA

Pantai Delegan sebetulnya sudah masuk wilayah Gresik, bukan di Lamongan. Namun lokasinya dekat sekali dengan perbatasan Lamongan-Gresik pesisir sehingga memang sering menjadi tujuan wisata warga Lamongan.

Pantai Delegan sering dibandingkan dengan Pantai Kutang di Brondong dan Pantai Klayar di Paciran. Buat yang masih belum pernah mengunjungi tiga pantai ini, kami beri sedikit gambaran perbandingannya.

Keindahan Alam

Dari ketiga pantai ini, sebetulnya yang paling bagus adalah Pantai Delegan. Pasir putihnya membentang paling lebar dan panjang. Lebarnya beberapa puluh meter. Panjangnya beberapa ratus meter. Total luasnya sekitar 1,5 hektare. Paling cocok buat tempat bermain anak-anak. Di sini anak-anak bisa menceburkan diri ke dalam air dan bermain pasir di pantai. Bahkan orang dewasa pun bisa berenang karena airnya cukup dalam. 

@gallerylini

emang boleh seindah ini??! gresik punya pantai pasir putih lohh. yukk agendain main kesini 🌊🫧🐚🐟 #beachvibes #pantaigresik #pantaidalegan

♬ suara asli – mygallery – mygallery

Pantai Delegan adalah pantai terbaik di pesisir utara Jawa Timur. Sayangnya, pantai ini sekarang sudah terlalu ramai. Pada hari libur nasional, pantai ini ramai seperti pasar. Kemriyek. Kalau Anda ingin mengajak anak-anak sekeluarga bermain di pantai, Delegan adalah pilihan terbaik. Tapi kalau niatnya ingin berburu foto-foto estetik, rekomendasi kami adalah Pantai Klayar. Pantai ini masih belum begitu ramai dan masih alami. 

Pilihan terbaik kedua untuk tempat bermain anak adalah Pantai Kutang. Di sini juga ada bagian pantai berpasir putih walaupun tidak seluas dan sepanjang Pantai Delegan. Pantai Kutang juga sudah dikelola dengan baik sebagai tempat wisata walaupun umurnya baru beberapa belas tahun belakangan.

Adapun Pantai Klayar adalah pantai yang paling alami. Nama aslinya Pantai Putri Klayar tapi orang-orang menyebutnya Pantai Klayar saja. Pantai ini masih dalam tahap awal dikelola sebagai tempat wisata. Pantainya juga berpasir putih dan cukup panjang sampai beberapa ratus meter. Tapi tidak selebar Pantai Delegan. 

Kelemahannya, keindahan pantai akan berkurang drastis kalau air sedang surut. Saat air surut, pantainya kering sebab dasarnya batu karang. Pantai ini paling cocok dijadikan sebagai tempat berkegiatan alam bersama kawan-kawan. Di sini ada tempat yang bagus untuk berkemah.

Akses Menuju Pantai

Dari jalan raya Daendels, tiga pantai ini lokasinya kira-kira sama, lebih kurang 1 sampai 2 km. Mudah dijangkau. Jalannya sudah sama-sama beraspal. Namun, Pantai Delegan paling mudah dijangkau karena memang pantai ini sudah puluhan tahun menjadi lokasi wisata. Tempat parkirnya paling luas. 

Keunggulan lain, pantai ini mudah kita jangkau dengan kendaraan umum. Dari Terminal Osowilangun kita bisa naik bus mini warna hijau, turun di pertigaan Delegan, di Kecamatan Panceng, Gresik. Dari sini kita bisa naik ojek. 

Pilihan kedua, Pantai Klayar. Pantai ini juga bisa dijangkau dengan kendaraan umum. Misalnya kamu ingin berkemah di sini bersama kawan, kamu bisa naik bus mini dari Terminal Osowilangun, turun di pertigaan Desa Sidokelar menuju ke Pantai Klayar. 

Di pertigaan ini belum ada tukang ojek. Tapi jika kamu berangkat ke sini dengan tujuan berkegiatan alam, kamu bisa berjalan kaki sampai pantai. Jaraknya hanya sekitar 1 km.

Yang paling jauh dari mana-mana adalah Pantai Kutang. Memang pantai ini juga tidak jauh dari jalan raya Daendels. Namun, pantai ini berada di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong. Cukup jauh dari pusat keramaian pesisir Lamongan di Paciran. Bus mini dari Osowilangun tidak lewat ke sini. Jalur ini hanya dilayani angkutan Mitsubishi L300 jurusan Tuban-Blimbing. 

Kalau kita hendak pergi ke sini tanpa kendaraan pribadi, mobil L300 inilah satu-satunya angkutan yang tersedia. Kita bisa turun di perempatan menuju Desa Labuhan. Di perempatan ini kita bisa naik dokar sampai ke gerbang desa menuju pantai.

Tiket Masuk Pantai

Dari ketiganya, yang paling mahal adalah Pantai Delegan. Tiket masuknya Rp10.000 per orang. Maklum, pantai ini memang tempat wisata yang cukup besar dan terkenal.

Tiket Masuk Pantai DeleganTarif
Masuk per orang dewasa dan anak10.000
Parkir sepeda motor2.500
Parkir mobil6.000
Parkir bus10.000

Sementara tiket masuk Pantai Kutang hanya Rp5.000 orang. 

Tiket Masuk Pantai KutangTarif
Masuk per orang5.000
Parkir sepeda motor2.000
Parkir mobil6.000
Parkir bus10.000
Prewedding100.000

Pantai Klayar sejauh ini baru dalam proses dikembankan sebagai tempat wisata seperti Pantai Kutang. Pada saat kami datang, bahkan belum ada tiket masuk. Tapi ke depan hampir pasti ada tiket masuknya. Kemungkinan besar sama dengan Pantai Kutang, Rp5.000 per orang.

Fasilitas Pendukung Wisata

Dari ketiganya, yang fasilitasnya paling bagus adalah Pantai Delegan karena memang ini tempat wisata besar. Di sini ada penyewaan pelampung, perahu bebek, perahu pisang. Pengunjung bisa naik perahu bebek yang dikayuh dengan pedal menuju agak ke tengah laut. Tempat istirahat, warung, toilet, masjid, tempat parkir yang luas, toko oleh-oleh, penjual ikan asap khas Gresik, semua tersedia dengan baik.

Di Pantai Kutang juga sudah ada fasilitas dasar tempat wisata seperti tempat mandi, musala, warung, dan tempat duduk. Tapi di sini tidak ada perahu bebek karena memang airnya tidak cukup dalam. Bahkan kalau air sedang surut, pantai ini menjadi tidak begitu bagus. Beda dengan Pantai Delegan. Walaupun air sedang surut, pantai masih bagus karena bentang pasir putihnya lebih merata.

Jam Buka

Jam buka Pantai Delegan hari biasa pukul 7 pagi. Hari Jumat Sabtu Minggu buka pukul 05 pagi. Di sini hari Jumat disetarakan dengan hari libur karena memang banyak sekolah Muhammadiyah atau NU yang liburnya hari Jumat.

Senin–Kamis07.00 – 17.00
Jumat–Minggu05.00 – 17.00

Jam buka Pantai Kutang setiap hari pukul 07.30 – 17.30. Tapi kalau sedang sepi pengunjung, kadang petugas baru datang lewat pukul 08.00.

Pantai Klayar karena belum memiliki pintu masuk resmi, jam bukanya masih belum ditentukan. Kondisi pantai di pesisir Lamongan relatif sama, jadi kita bisa datang pukul 07.00 dan pulang pukul 17.00 kecuali kita mau menginap, misalnya berkemah.

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Leave a Reply