OBAT JADUL YANG MASIH AMPUH

APOTEK

Sekarang merek obat-obat baru membludak di pasaran. Saking banyaknya obat baru, obat lama menjadi terlupakan. Padahal dalam dunia farmasi, lama atau baru itu tidak penting. Yang penting adalah keamanan dan keampuhannya. 

Sebagai contoh, parasetamol usianya sudah lebih dari setengah abad. Tapi sampai sekarang masih aman, ampuh, dan belum tergantikan oleh obat-obat baru. 

Namun, ada juga obat jadul yang sebetulnya masih ampuh tapi sekarang sudah banyak dilupakan karena kalah bersaing dengan merek obat-obat baru. Sebetulnya kitalah yang rugi sebab obat-obat jadul ini murah, ampuh, dan aman. Cuma kalah gengsi saja. Obat-obat ini bisa  dibeli di apotek dan layak disimpan di rumah buat stok obat P3K. 

  • Salep Ichtyol

Bisa dibeli di apotek. Obat tradisional ini dibuat dari minyak bumi. Murah dan aman untuk orang dewasa, anak, ibu hamil, ibu menyusui, dan lansia. Punya khasiat antiradang dan antibakteri. Salep ini bisa mempercepat pematangan bisul (udun) sehingga bisa pecah dengan sendirinya. Lebih ampuh daripada salep-salep antibiotik. 

Bisa juga digunakan untuk mengobati koreng di kepala bayi dan anak-anak. Caranya, dioleskan di bagian koreng, setiap hari, pagi dan sore, sampai koreng mengelupas dengan sendirinya. Lebih ampuh daripada salep-salep antijamur atau antibiotik.

  • Bubuk PK

PK singkatan dari permanganas kalikus. Bentuknya bubuk berwarna ungu. Untuk antiseptik kulit. Digunakan dengan cara bubuk PK dilarutkan ke dalam air, lalu airnya digunakan sebagai antiseptik. Misalnya, untuk merendam bokong penderita ambeien (wasir). Bisa juga bubuk PK dilarutkan dengan beberapa tetes air lalu diteteskan ke akar kuku yang kena cantengan. Bubuk PK bisa dibeli di apotek atau toko ikan hias karena obat ini juga biasa dipakai untuk obat hewan. 

  • Bubuk belerang

Yang ini tidak dijual di apotek. Bisa dibeli di pasar tradisional atau Tokopedia dan sejenisnya. Bisa digunakan untuk obat gatal yang disebabkan oleh parasit yang tidak sembuh-sembuh dengan obat apotek. Parasit adalah kutu sangat kecil yang hidup di bawah kulit, penyebab kudis dan sejenisnya. Bisa juga untuk luka basah yang tidak sembuh-sembuh dengan salep-salep apotek karena kulit selalu dalam keadaaan lembap. Paling ampuh kalau bubuk belerang dicampur dulu dengan minyak tanah lalu dioleskan ke kulit yang sakit.

  • Bedak Herocyn

Ini bedak jadul yang masih cukup sakti. Banyak sekali gunanya, terutama untuk gatal-gatal di kulit. Sebelum berpikir minum obat alergi, kita bisa mencoba obat ini dulu. Misalnya untuk kasus gatal gigitan nyamuk, gigitan semut, gigitan serangga, kena ulat, biang keringat, dan masih banyak lagi. Kalau bedak Herocyn tidak mempan, baru kita berpikir minum obat alergi. 

Bedak Herocyn bisa juga digunakan untuk pencegahan. Misalnya anak akan bermain dekat tempat yang banyak nyamuknya. Sebelum ia bermain, bedaki dulu badannya dengan Herocyn. Kelemahannya, bedak ini tergolong panas, tidak boleh untuk bayi, sebab mengandung belerang dan salisilat yang panas buat kulit.

  • Balsem dan minyak gosok

Misalnya, Balsem Cap Lang, Minyak Kayu Putih Cap Lang, Minyak Telon Cap Lang, Minyak Gosok Cap Tawon. Kalau anak kena flu, sebelum kita berpikir membeli obat sirup, kita bisa mencoba memijitnya dengan minyak telon. Kalau yang meriang orang dewasa, kita bisa memijitnya dengan minyak Cap Tawon. 

Banyak sekali penyakit ringan yang bisa diatasi dengan pijit menggunakan minyak-minyak jadul ini. Misalnya, meriang, masuk angin, mual, badan pegal, perut kembung, dan sejenisnya. Sebelum kita berpikir untuk membeli obat, kita bisa mencoba minyak-minyak jadul ini.

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Leave a Reply