Hantu Herlina di Film Munkar: Ada Lamongan Coy!

BERITA, MEGILAN

Bulan ini ada film baru, judulnya Munkar. Sekilas terdengar seperti judul film Rhoma Irama, Tapi ini adalah film horor. Judulnya pakai bahasa Arab karena film ini mengambil latar sebuah pesantren. Tidak jelas lokasi pesantren ini tapi di film ini nama pesantrennya ar-Rahimu di Bengiratus di Lamongan. 

Lamongan, Coy.

Alur Cerita Film

Seorang santriwati bernama Herlina sering menjadi sasaran bullying temannya di pesantren. Suatu kali ia berusaha kabur dari pesantren. Tapi nahas, ketika berusaha kabur itu ia ditabrak mobil dan mati. Tapi keesokan harinya ia malah kembali ke pesantren, kali ini sebagai hantu Herlina, yang meneror para santri. 

Ada perbedaan antara cerita hantu Herlina yang sempat viral di Tiktok dengan gambaran hantu Herlina di film. Versi Tiktok menyebut, Herlina kabur dari pesantren karena ketahuan mencuri cincin milik bu nyai.  

Apa pun versinya, intinya ini adalah cerita soal hantu, bukan kehidupan pesantren yang sesungguhnya. Mana ada hantu mondok di pesantren? 

Apakah Cerita Hantu Herlina Ini Kisah Nyata?

Mana mungkin, Coy. Di trailer film ini, dikatakan bahwa kisah ini diangkat dari urban legend. Bahkan sebagai urban legend saja layak dipertanyakan. Kami sebagai orang Lamongan saja tidak pernah mendengar cerita ini sebelumnya. Ini hanya khayalan penulis skenarionya saja. Mana ada pesantren di Lamongan yang santriwatinya keluyuran keluar pesantren di malam hari? Apalagi pesantrennya ada di tempat terbuka.

Satu-satunya hantu di Lamongan hanya ada di Paciran. Hantu ini menakut-nakuti orang hanya di siang hari. Yang paling lucu, banyak orang malah ingin ditakut-takuti oleh hantu ini. Saking inginnya ditakut-takuti, mereka sampai harus membayar tiket.

Ya, hantu ini tinggal di wahana rumah hantu Wisata Bahari Lamongan.

Kita tahu industri film akan mengeksploitasi apa saja yang bisa dijual. Belakangan ini sedang marak film-film horor berlatar kehidupan religius seperti Khanzab atau Siksa Neraka. Bahkan platform penulisan novel yang cukup besar, Kwikku, baru-baru ini juga mengadakan lomba penulisan novel horor berlatar pesantren. Novel yang menang akan dibuat filmnya oleh rumah produksi Falcon Picture.

Ini sebetulnya adalah potret buram masyarakat Indonesia. Kita masih senang dengan cerita hantu-hantuan. Film horor bisa menjadi film box office. Salah satunya tentu saja adalah film KKN di Desa Penari, yang tahun lalu menjadi salah satu film yang paling ditunggu warga Lamongan sebelum Bioskop NSC dibuka kembali.

Pondok Pesantren Hantu Herlina di Mana?

Di film, nama pesantrennya Ar-Rahimu. Nama yang sungguh kocak. Tidak ada pesantren dengan nama ini di Lamongan. Nama desanya Bengiratus. Tidak ada nama desa begini di Lamongan. Tidak disebutkan nama kecamatannya. Papan nama pesantren di film hanya menyebut nama desa dan langsung nama kabupaten Lamongan. 

Konon katanya cerita hantu Herlina ada di pesantren di Lamongan dekat Jombang. Jadi mungkin di daerah Ngimbang. Itu kalau sampeyan percaya, sih.

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Leave a Reply