Trans Jatim Sampai di Paciran Lamongan dan Bangkalan Madura

BERITA, DIREKTORI

Tahun ini angkutan bus Trans Jatim akan sampai di Lamongan Pantura. Rutenya dari Terminal Paciran ke Terminal Bunder Gresik. Berita ini sebetulnya berita gembira tapi mungkin masih membuat orang-orang Pantura kecewa. Pasalnya, bus Trans Jatim ini melayani trayek Pantura–Gresik yang selama ini sudah dilayani oleh bus mini Paciran–Terminal Osowilangun. Padahal sebetulnya yang lebih dibutuhkan warga Pantura adalah angkutan dari Pantura ke Lamongan Kota. 

Mungkin banyak warga Pantura yang belum bisa membayangkan bus Trans Jatim ini. 

Kapasitas Penumpang Lebih Banyak

Ukuran bus ini relatif sama dengan bus mini Paciran–Osowilangun. Bedanya, kursinya nanti lebih sedikit. Penumpang akan lebih banyak berdiri. Bus ini memang ditujukan untuk penumpang reguler. Mirip bus Trans Jakarta yang mengangkut pekerja harian di Ibukota.

Jadwal Keberangkatan Lebih Pasti

Kelebihan Trans Jatim, jadwal keberangkatan bus akan lebih pasti. Ada atau tidak ada penumpang, bus tetap berangkat sesuai jadwal. Ini berbeda dengan bus mini Osowilangun. Kalau kita naik dari Terminal Paciran, kita harus menunggu beberapa puluh menit sampai bus berangkat. Nanti di pertigaan Drajat, bus akan ngetem lagi menunggu penumpang. Setelah penumpang hampir penuh, bus baru berangkat. Itu pun jalannya alon-alon waton kelakon. Bus Trans Jatim nanti lebih disiplin. Walaupun baru ada satu dua penumpang, bus tetap akan berangkat.

Rute Lebih Jauh

Dari Paciran, bus akan menyusuri Jalan Daendels lalu di Suci belok ke arah Terminal Bunder. Ini berbeda dengan bus Osowilangun. Bus Osowilangun biasanya kalau penumpang penuh, langsung akan menuju jalan tol Manyar. Keluar langsung ke Osowilangun. Tidak melewati Bunder-Gresik.

Bus Trans Jatim begitu sampai di Terminal Bunder akan kembali lagi ke Paciran. Kalau kita hendak melanjutkan perjalanan ke Surabaya atau Mojokerto, kita bisa pindah ke bus Trans Jatim trayek berikutnya di Terminal Bunder. Jadi ini lebih memudahkan penumpang. Di tahun ini bus Trans Jatim memiliki 5 koridor yang menghubungkan Mojokerto–Sidoarjo–Surabaya–Gresik–Lamongan–Madura. 

Jadi nanti kita bisa pergi ke Madura atau Mojokerto hanya naik bus Trans Jatim saja. Ke depan tentu saja jangkauan rute bus Trans Jatim ini akan diperluas. Tahun depan trayek Trans Jatim akan diperluas. Akan ada bus dari Paciran-Drajat-Karanggeneng-Sukodadi-Lamongan Kota-Balngpanggang. Jadi nanti warga Pantura Lamongan bisa jalan-jalan ke mana saja hanya dengan naik bus Trans Jatim.

Harga Tiket Lebih Murah

Bus Trans Jatim ini disubsidi oleh Pemprov Jatim. Tiketnya murah. Penumpang biasa Rp5.000. Penumpang pelajar Rp2.500. Jauh dekat harga tiketnya sama. Tiket berlaku selama 120 menit. Jadi kalau kita berangkat dari Paciran jam 1 siang, lalu kita pindah koridor di Terminal Bunder pukul 2, kita tidak perlu bayar lagi. Tapi kalau nanti kita pindah koridor di Surabaya pukul 3 sore, berarti kita harus membayar tiket lagi. 

Cara Pembayaran Digital

Pembayaran tiket bisa dilakukan dengan dompet digital seperti Ovo, Gopay, Dana, ShopeePay, AstraPay, Brizzi, QRIS, dsb. Lebih praktis. Tapi buat mereka yang gaptek, sejauh ini Trans Jatim juga masih melayani pembayaran tunai.

Berhenti Hanya di Halte

Ini perbedaan penting lainnya. Bus Osowilangun bisa menaikkan dan menurunkan penumpang di mana saja di tengah jalan. Bus Trans Jatim hanya akan menaikkan dan menurunkan penumpang di halte yang sudah ditentukan. Haltenya adalah: Terminal Paciran, Banjarwati, Panceng, Sekapuk, Sedayu, Bungah, Sembayat, Manyar, Tenger,  Terminal Bunder. Mungkin ini akan sedikit merepotkan. Tapi memang mau tidak mau kita harus terbiasa dengan model angkutan modern seperti ini.

Jam Operasional Sampai Malam

Bus Trans Jatim lebih disiplin dengan jadwal. Bus ini akan melayani penumpang  mulai pukul 05 pagi sampai 21 malam. Jam ini disesuaikan dengan jam angkutan pada umumnya. 

Daftar Koridor dan Halte Bus Trans Jatim 

Koridor I

Melayani rute Sidoarjo-Surabaya-Gresik. Halte yang dilewati:

Halte Terminal Bunder

Halte Kantor Bupati Gresik II

Halte Universitas Muhammadiyah Gresik II

Halte RS Semen Gresik II

Halte BNI II

Halte Gelora Joko Samudra II

Halte Segoromadu II

Halte Transit Point Trans Jatim

Halte Pondok Jati

Halte Sun City II

Halte Alun-alun II

Halte Celep 

Halte Bligo

Halte Ngampelsari

Halte Ngaban

Halte Kalitengah

Halte Porong

Halte Terminal Porong

Koridor II

Melayani rute Terminal Kertajaya (Mojokerto)-Terminal Purabaya (Sidoarjo). Berhenti di halte:

Halte transit point Trans Jatim

Halte Bungurasih

Terminal Krian

Halte Klenteng Krian

Halte Jabaran 2

Halte Bypass Barat 2

Halte Bakung 2

Halte Ciro 2

Halte Singkalan 2

Halte Mlirip 2

Halte Mertex 2

Halte Gunung Gedangan 2

Terminal Kertajaya

Koridor III

Terminal Bunder
Cerme Lor
Cerme Kidul
Iker-Iker Geger
Morowudi
Guranganyar
Kemendung (Ngembung)
Dadapkuning
Dermo
Bulurejo (Benjeng)
Munggugianti
Kedungrukem
Kalipadang
Pasar Hewan Balongpanggang
Pasar Balongpanggang
RS Wates Husada
Wates
Wahas
RS Walisongo
Wonorejo / Sekarputih
Dapet B
Dapet A
Beru
Dawarblandong
Pulorejo
Jatirowo
Sekiping
Desa Suru
Bukit Kayoe Putih
Kupang
Ngabar
Sidoharjo
Pasar Terusan
Lespadangan
Terusan
Mlirip
Cokroaminoto / Empunala
Pahlawan / Kedungsari
Gunung Gedangan
Terminal Kertajaya

Koridor IV

Rute Paciran-Bunder. Berhenti di halte:

Terminal Paciran

Banjarwati

Panceng

Sekapuk

Sedayu

Bungah

Sembayat

Manyar

Tenger

Terminal Bunder

Cara Pesan Tiket Trans Jatim

Instal  aplikasi TRANS JATIM di Play Store.

Buka aplikasi TRANS Jatim

Masuk menggunakan akun Google

Pesan tiket sesuai dengan tujuan.

Pilih jenis tiket (Tiket Pelajar/Santri/Umum).

Lakukan pembayaran melalui aplikasi dompet digital

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Leave a Reply