Seri Pantai di Lamongan (1): Pantai Kutang

ALAM, WISATA

Pantai Kutang adalah pantai terbaik di pesisir Lamongan. Paling banyak dikunjungi wisatawan. Paling instagramable. Karena di pantai ini pengunjung bisa berfoto-foto di jembatan kayu yang memanjang hampir setengah kilometer di atas air laut. Dari jembatan kayu ini pengunjung bisa menikmati pemandangan bakau di sepanjang garis pantai.  

Selain bakau, di pantai ini ada bagian yang berpasir putih yang cocok menjadi tempat bermain bagi anak-anak. Kalau air sedang pasang, pengunjung bisa nyebur ke air. Kedalaman air hanya beberapa puluh sentimeter. Anak TK pun bisa nyebur ke dalam air dengan ditemani orang dewasa.

Kelemahan utama Pantai Kutang yang tidak pernah dibahas orang adalah keindahannya yang turun drastis kalau air sedang surut. Jika Anda datang pada saat air sedang surut, kemungkinan besar Anda akan kecewa. Sebab Pantai Kutang tidak lagi tiktokable. 

Dasar pantai penuh dengan lumpur hitam seperti lumpur selokan. Kena celana bisa kotor. Memang lumpur ini hanya lumpur laut, tidak bau seperti lumpur selokan, akan tetapi tentu saja pengunjung jadi tidak bisa bermain air. Padahal bagian paling menyenangkan di pantai ini adalah bermain di pantai yang berpasir putih.

Kapan Saat Terbaik Datang ke Pantai Kutang?

Waktu terbaik datang ke sini adalah pada saat air pasang. Pertanyaan berikutnya, kapan air laut pasang. Pertanyaan ini sulit dijawab karena pasang surut air laut dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain arus laut, angin laut, posisi bulan. 

Setiap hari air laut mengalami siklus pasang surut. Ada kalanya air laut pasang di siang hari. Tapi pada umumnya puncak air pasang terjadi di malam hari. 

Bagaimana saya bisa tahu air laut sedang surut atau pasang? Sebetulnya cara paling jitu adalah bertanya ke pengelola Pantai Kutang. Sayangnya, pengelola wisata tidak menyediakan layanan informasi seperti ini. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebetulnya menyediakan informasi pasang surut air laut. Sayangnya informasi yang disediakan masih terlalu umum. Padahal yang kita butuhkan adalah informasi pada jam tertentu. Misalnya, Anda berencana sampai di Pantai Kutang pada pukul 11.00. Apakah pada jam itu air laut sedang pasang?

Sebetulnya ada aplikasi yang bisa menyediakan informasi ini secara real time. Namanya Nautide. Aplikasi ini bisa diinstal dari Play Store. Caranya, masuk ke aplikasi, nyalakan LOKASI, atau pilih lokasi Desa Labuhan atau desa yang terdekat ke Pantai Kutang, yaitu Sedayulawas, Brondong, Lamongan. Walaupun desanya berbeda, ketinggian air lautnya sama. 

Begitu titik lokasi sudah ditentukan, kita akan memperoleh informasi yang sangat rinci mengenai kondisi cuaca dan ketinggian air laut setiap jam. Tidak hanya tentang pasang surut air laut tapi juga cuaca, tingkat kecerahan matahari, angin, dsb. Dari sini kita bisa tahu pada jam berapa pasang air mencapai puncaknya. Sayangnya, informasi ini tersedia dalam bahasa Inggris dan terlalu detail. Mungkin membingungkan buat kebanyakan orang. 

Kalau mau informasi dalam bahasa Indonesia, kita bisa menggunakan aplikasi Pasang Air Laut. Tinggal kita masukkan lokasi Desa Labuhan, Brondong, Lamongan. Maka kita akan memperoleh informasi yang cukup detail seperti di Nautide. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk keperluan kegiatan memancing. Jadi informasinya cukup lengkap. Status pasang surut air laut ditampilkan dalam bentuk grafik seperti ini.

Cara bacanya, air surut maksimal pada pukul 08.39 pagi. Kalau Anda datang ke sini sekitar jam 9, Anda akan kecewa karena air di pantai sedang surut maksimal.  

Makin sore air makin pasang. Puncak pasang terjadi pada pukul 22.09 malam. Tapi ini tengah malam. Tidak mungkin kita berwisata tengah malam. Paling pas kita bisa datang ke seni sekitar pukul 02.00 siang. Pada jam itu pantai sudah terendam oleh air walaupun ketinggiannya belum maksimal. 

Kalau Anda ingin ringkas, silakan ikuti dan kirim DM di medsos kami sehari sebelum berangkat. Kami akan mengecekkan kondisi pasang surut air laut pesisir Lamongan buat Anda. 

Bagaimana kalau sepanjang siang air surut? Sebaiknya tunda datang ke sini. Sebab kita datang ke sini tujuannya tentu untuk bersenang-senang dan bermain air.

Apakah Ada Angkutan Umum Sampai ke Pantai Kutang?

Ada tetapi sulit diandalkan. Lebih enak ke sini naik kendaraan pribadi. Bisa sepeda motor atau mobil. Bahkan rombongan besar bus pun bisa sampai di tempat parkir wisata.

Kalau terpaksa naik angkutan umum, kita bisa lewat Tuban kota. Dari Tuban, kita naik angkutan L300 jurusan Blimbing-Tuban. Turun di perempatan menuju Desa Labuhan. Di sini ada dokar (delman yang ditarik kuda) menuju Desa Labuhan.

Berapa Tiket Masuk ke Pantai Kutang?

Tiket masuk hanya Rp5.000 per orang. Tapi jika Anda datang ke sini untuk melakukan foto pre-wedding, tiketnya lain lagi. Di sini memang ada banyak spot bagus yang sangat cocok untuk foto-foto prewedding.

TiketTarif
Masuk per orang5.000
Parkir sepeda motor2.000
Parkir mobil6.000
Parkir bus10.000
Prewedding100.000

Apa Saja Fasilitas di Pantai Kutang?

Wisata pantai ini sudah dikelola dengan bagus. Jalan menuju tempat wisata ini sudah beraspal. Selain itu, di sini juga ada:

  • Tempat parkir yang cukup luas. Bus pun bisa parkir di dekat pintu masuk
  • Jembatan kayu yang memanjang hampir 0,5 km
  • Gazebo di sepanjang jembatan, bisa untuk berfoto-foto atau sekadar duduk beristirahat
  • Toilet, buat mandi dan bilas setelah nyebur ke air laut
  • Warung makanan-minuman

Saran Sebelum ke Pantai Kutang

Sebetulnya Anda bisa datang langsung begitu saja ke Pantai Kutang tanpa persiapan. Akan tetapi akan lebih baik kalau Anda merencanakan kepergiannya ke sini. Selain akan memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan, juga mencegah terjadinya hal yang merugikan, misalnya jatuh sakit setelah ke Pantai Kutang.

Beberapa saran ini mungkin bisa dipertimbangkan.

Datanglah pada puncak musim kemarau

Jika Anda datang ke sini bersama anak-anak di jam yang tepat, ketika air sedang pasang, ada kemungkinan anak Anda tidak mau mentas. Terutama jika Anda datang ke sini di masa puncak musim kemarau. Ini adalah waktu terbaik ke Pantai Kutang.

Kenapa ini waktu terbaik?

  • Air laut sangat bening. 

Dari atas jembatan kayu kita bisa melihat ikan berenang di bawah jembatan.

  • Banyak anggur laut di pantai

Anggur laut adalah sejenis  rumput laut, yang bentuknya seperti dompolan anggur mini. Tak hanya indah dipandang, anggur laut juga bisa dimakan. Anggur laut ini banyak tumbuh di lantai pantai yang berpasir. Pada musim kemarau, air laut cukup bening sehingga rumput laut dan anggur laut di dasar pantai bisa berfotosintesis lebih baik. Setelah cukup besar, anggur laut ini akan terbawa ombak ke pinggir pantai. Bisa dibawa pulang. Di rumah tinggal dibilas dengan air panas, lalu dimakan sebagai lalap dengan urap atau sambal kacang. 

Mampirlah ke Pasar Desa Labuhan lebih dulu

Kalau Anda ingin bermain agak lama di pantai, sebaiknya datanglah di pagi hari sebelum zuhur, mampirlah lebih dulu ke pasar desa. Lokasi pasar ini ada di sebelah timur pintu gerbang menuju ke lokasi wisata Pantai Kutang. Tanyakan saja kepada penduduk setempat.

Buat apa mampir ke pasar?

Di pasar kita bisa membeli aneka jajan pasar, seperti ketan urap, lemper, apem, lepet, kue cucur, gorengan, pisang rebus, ubi rebus, kacang, dan aneka jajan lainnya. Harganya murah-murah, mulai dari Rp500-an. Jajan pasar ini untuk persiapan buat cemilan di dalam lokasi wisata. 

Di dalam lokasi wisata memang ada warung. Akan tetapi yang dijual hanya makanan dan minuman instan seperti mi instan dan teh. Kalau kita dalam keadaan lapar setelah kecapekan bermain di pantai, mi instan tidak akan cukup mengenyangkan.

Pakai Topi dan Baju Panjang

Di aplikasi Nautide atau Pasang Laut, kita bisa mendapatkan informasi detail mengenai cuaca dan tingkat terik matahari pada hari itu. Informasi ini sangat berguna terutama jika kita datang di musim kemarau. Pada musim kemarau, sinar matahari bisa sangat panas sampai membakar kulit. Apalagi jika kita bermain beberapa jam di pantai. Saking senangnya bermain di pantai, anak-anak bisa lupa jam. Tahu-tahu kulitnya sudah gosong. Akan lebih baik jika kita ke sini memakai baju lengan panjang dan topi untuk melindungi tubuh dari sinar matahari.

Pakai Tabir Surya dan Minum Suplemen Sebelum Berangkat

Di musim puncak panas, baju panjang dan topi saja tidak cukup. Yang perempuan bisa pakai krim tabir surya. Lebih dianjurkan lagi sebelum berangkat ke sini pengunjung minum suplemen vitamin C dan vitamin E. Dua vitamin ini punya fungsi antioksidan untuk menetralkan efek buruk sinar matahari. 

Pada saat terpapar sinar matahari, sebetulnya tubuh kita rusak. Yang bisa dilihat, kulit gosong dan mulut sariawan. Vitamin-vitamin antioksidan ini berfungsi mencegah badan sakit karena paparan terik sinar matahari.

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Leave a Reply