OBAT PERUT KEMBUNG: DISFLATYL, ENZYPLEX, DSB

APOTEK

Perut kembung bisa disebabkan oleh macam-macam. Tapi penyebab paling umum adalah makanan yang tidak bisa dicerna. Kalau makanan tidak bisa dicerna, maka makanan itu akan membusuk, diurai oleh bakteri usus, lalu menghasilkan gas. Proses ini mirip dengan penguraian sampah atau pembuatan tape.

Gas inilah yang membuat perut terasa penuh. Gas ini tertahan dan tidak keluar sebagai kentut karena posisinya tidak di ujung usus melainkan terjebak di tengah-tengah.

Walaupun kelihatan sepele, perut kembung bisa sangat berbahaya. Kalau produksi gasnya cepat sekali, maka usus akan seperti balon yang ditiup terus-menerus. Ini bisa menyebaban usus saling melilit satu sama lain. Timbul rasa nyeri hebat.

Sebagai orang awam, kita mungkin tidak tahu penyebab perut kembung. Pedoman gampangnya:

  • Kalau punya sakit mag, minumlah obat mag yang berisi simetikon. Sakit mag bisa menyebabkan terganggunya pencernaan makanan, jadi bisa menyebabkan perut kembung.

Simetikon (atau dimetikon/dimethylpolysiloxane) adalah zat yang bisa mengikat gas sehingga lebih mudah dikeluarkan. Sebagian besar obat mag seperti Promag dan Mylanta, selain mengandung antasida penetral asam lambung, juga berisi simetikon.

Apakah ada obat mag yang tidak berisi simetikon? Ada. Misalnya Antasida DOEN. Isinya hanya antasida penetral asam lambung. Jangan minum yang ini, pilih merek yang mengandung simetikon. Obat ini aman buat ibu hamil maupun ibu menyusui. Bisa dibeli tanpa resep dokter.

  • Minum obat yang berisi enzim cerna. Contoh enzim cerna: amylase, lipase, protease, diastase, pancreatin. Enzim cerna dari obat bertugas menggantikan enzim cerna tubuh kita yang bermasalah supaya makanan tidak membusuk.

Yang repot, sekarang obat yang berisi enzim cerna ini agak sulit didapat di apotek. Memang masih beredar tapi tidak semua apotek punya. Dulu enzim cerna ini banyak sekali mereknya di pasaran. Tapi sebagian besar obat ini harus ditarik dari peredaran karena ternyata mengandung enzim babi. Enzim-enzim ini biasanya dikombinasikan dengan vitamin, simetikon, atau obat muntah. Contoh merek terkenal: Enzyplex.

Tapi sekali lagi, penarikan obat ini dilakukan tahun 2018. Sekarang sebagian produk di atas sudah beredar lagi. Enzyplex, misalnya, sekarang dinamai NEW Enzyplex. Produk-produk baru ini tidak dinyatakan mengandung babi. Jadi, halal. Silakan cari di apotek. Obat ini aman buat ibu hamil maupun ibu menyusui. Bisa dibeli tanpa resep dokter, boleh juga dibeli di Tokopedia.

Di marketplace, banyak yang menjual obat-obat enzim cerna ini. Yang lucu, sekarang obat-obat ini dijual dengan ditambah kata “halal”.

  • Boleh minum obat tradisional. Obat tradisional silakan digunakan tapi sebaiknya bukan prioritas pertama. Prioritasnya di bawah simetikon dan enzim cerna.

Contoh merek obat herbal siap minum: Promag Gazero. Ini sebetulnya bukan obat mag tapi obat erut kembung. Namanya memang Promag tapi ini hanya strategi marketing. Kalau suatu produk laris di pasaran, maka pabrik biasanya akan membuat produk baru dengan menumpang ketenaran obat yang sudah laris itu. Gazero isinya obat herbal, antara lain jahe merah, peppermint, adas, akar manis, kunyit, nanas.

Bahan-bahan herbal ini bisa merangsang produksi enzim pencernaan. Membuat perut jadi terasa hangat. Nanas juga berisi enzim cerna dalam jumlah sedikit. Ringkasnya, Promag Gazero ini adalah obat kembung, bukan obat mag antasida.

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Leave a Reply