OBAT MAG

APOTEK

Kita selama ini mungkin berpikir, obat mag paling manjur ada di apotek atau di toko obat herbal. Sebetulnya tidak. Obat mag paling ampuh ada di dalam diri kita sendiri.

Ini mungkin berita yang tidak menyenangkan tapi memang demikianlah faktanya. Ini perlu disadari supaya kita tidak menghabiskan waktu untuk googling, bertanya ke sana kemari, mencari obat mag yang paling ampuh.

Obat mag sebetulnya cuma itu-itu saja. Hampir semua obat mag yang direkomendasikan hasil pencarian Google masuk kategori di bawah ini. Hanya beda-beda merek saja.

  • 1. Promag dan sejenisnya
  • Sebagian besar obat mag di pasaran isinya mirip dengan Promag atau Mylanta, yaitu aluminium (Al), magnesium (Mg), dan simetikon. Al dan Mg menetralkan asam lambung yang berlebihan. Sementara simetikon mengikat gas penyebab kembung. 

Cuma itu saja kerjanya. Tidak ada yang menyembuhkan sakit mag. Hanya meredakan gejala sesaat. Kalau obatnya dihentikan, sakit mag akan kambuh lagi. Kalau diminum terus-terusan akan memperberat kerja ginjal. Di pasaran, merek obat sejenis Promag ini banyak sekali. Tapi praktis tidak ada beda yang signifikan.

  • 2. Penghambat asam lambung

Contoh obat: cimetidin, famotidin, ranitidin, omeprazol, lansoprazol. Obat ini menghambat produksi asam lambung. Cuma mencegah serangan asam lambung sesaat. Merek di pasaran juga ada puluhan. Tidak ada yang bisa menyembuhkan sakit mag. Kalau pemakaian obat dihentikan, sakit mag akan kambuh lagi. 

Obat golongan ini bukan obat bebas. Harus konsultasi ke dokter sebab efek sampingnya lebih banyak. Jika diminum terus-terusan bisa menyebabkan turunnya daya ingat alias pikun lebih cepat.

Tidak ada obat mag yang boleh diminum terus-terusan. Kalau sakit mag kita sering kambuh, berarti ada yang tidak beres dengan pola hidup kita. Ini yang harus diperbaiki. Kalau pola hidup kita membaik, asam lambung akan kembali normal dengan sendirinya.

Beberapa tips yang bisa kita coba:

  • Pola makan sehat

Jangan makan atau minum banyak-banyak. Usahakan makan sedikit-sedikit tapi lebih sering. Usahakan makan pada jam yang teratur. Kunyah makanan sampai lembut, baru ditelan. 

Hindari minuman soda, makanan pedas, kecut, berlemak tinggi, kopi, teh kental. Teh yang kental seperti teh tubruk bisa mengiritasi lambung. Teh encer masih diperbolehkan. 

Hindari obat yang mengiritasi lambung seperti obat demam ibuprofen, obat sakit gigi asam mefenamat, obat rematik, dan sejenisnya. Untuk obat demam dan nyeri, gunakan parasetamol saja. Ini paling aman buat penderita sakit mag.

  • Pola kerja dan istirahat 

Orang yang punya penyakit kronis harus cukup tidur, sekitar 8 jam sehari. Kalau kita setiap hari bekerja terlalu memforsir diri sampai kurang tidur, mungkin kita perlu cara lain dalam bekerja. Sebab percuma saja, pada akhirnya uang hasil kerja forsir itu juga akan habis untuk biaya sakit.

  • Pola pikir sehat

Ini bagian penting yang paling sulit. Banyak orang awalnya sehat-sehat saja. Lalu ia mengalami kesulitan hidup yang sangat berat. Sejak itu ia mulai langganan sakit mag. 

Stres, apalagi yang berat dan lama, bisa merangsang produksi asam lambung. Itu sebabnya dokter sering memberi nasihat agar kita belajar mengendalikan stres. 

Ini memang bukan perkara gampang. Memberi nasihat itu gampang sekali. Apalagi cuma copy-paste kata-kata mutiara. Hidup tidak semudah ucapan para motivator. Tapi memang tak ada pilihan lain. Mengendalikan stres adalah cara terbaik mengembalikan kesehatan lambung. 

Dalam agama ada banyak ajaran hidup untuk mengendalikan stres. Bersabar, berserah diri kepada Tuhan, tawakal, bersyukur, dsb. Semua ini adalah “obat mag” yang efeknya permanen. Tidak bisa tidak, kita harus belajar hal-hal ini. Tidak hanya belajar tentang antasida.

  • Minum obat tradisional jangka panjang

Karena obat apotek efeknya hanya sesaat, kita memerlukan obat tradisional. Obat tradisional biasanya bekerja lambat, pengaruhnya tidak langsung kelihatan, tapi efeknya lebih tahan lama.

Pada orang yang punya sakit mag kronis, pemilihan obat tradisional harus hati-hati sebab banyak obat tradisional justru mengiritasi lambung. Kalau kita googling, ada banyak rekomendasi obat herbal ini itu. Pilih yang aman saja seperti kunyit dan madu. Keduanya sudah terbukti aman dikonsumsi jangka panjang. Tidak mengiritasi lambung.

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Leave a Reply