Soto Ayam Paling Enak Se-Pantura Lamongan

KULINER, SOTO LAMONGAN

Sebagian besar orang Pantura menilai, soto paling enak di sepanjang Drajat sampai Brondong adalah Soto H. Tuki. Lokasinya persis di seberang Masjid at-Taqwa Paciran yang megah itu. Warung Soto Tuki ini adalah warung lama. Usianya sudah beberapa puluh tahun. Dan memang sangat terkenal di kalangan warga Pantura. Irisan dagingnya cukup banyak.  Seporsi harganya sekarang hampir Rp20 ribu.

Namun, kami punya pendapat lain. Soto Tuki memang enak. Tapi sebetulnya rasa soto ini sepertinya berubah dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Ini berdasarkan pengamatan kami. Kebetulan kami juga sering singgah di sini. Sepertinya tukang masaknya ganti.

Sekali lagi, sampai sekarang pun Soto Tuki masih enak. Masih recommended. Hanya saja sekarang ada banyak warung soto lain yang juga enak. Salah satunya adalah soto ayam di ruko pertigaan Drajat, di sebelah barat Apotek Ayu Farma. Warung ini menyediakan dua menu utama, yaitu soto ayam dan bakso. Dua-duanya enak. 

Di sebelah utara Pasar Blimbing juga sempat ada warung soto yang enak, yaitu Soto Mas Abdi. Ini jenis soto bening. Harganya juga murah. Kami pernah mengulasnya secara khusus di sini. Sayangnya sekarang Soto Mas Abdi sudah tutup.

Di dekat pintu masuk TPI lawas Brondong juga sempat ada Soto Pak Nanang, cabang dari soto Pak Nanang Tuban. Di kota Tuban, soto ini juga terkenal. Sotonya keruh, rasanya gurih. Tapi sekarang juga sudah tutup. Mungkin karena harganya agak mahal. Harganya Rp20.000 padahal di sebelah baratnya ada Soto Mbak Shofy yang rasanya juga enak dan harganya cuma Rp15.000. Buat orang kota Tuban, harga sebesar itu kategorinya wajar. Tapi buat orang Blimbing Brondong tentu terasa mahal.

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Leave a Reply