Sate dan Gule Kambing Paling Enak di Pantura Lamongan

KULINER

Di Sepanjang Paciran-Blimbing-Brondong Lamongan, ada cukup banyak warung sate dan gule kambing. Kami sudah mencobanya satu per satu. Menurut penilaian kami, yang paling enak, baik satenya maupun gulenya, adalah warung Mak Mah di Brondong.

Lokasi tepatnya ada di seberang Gedung Dakwah Muhammadiyah Brondong, Desa Sedayulawas, sebelah utara jalan. Warung ini buka pada pagi sampai siang hari. Kadang kalau tidak begitu ramai, warung buka sampai sore hari.

Di sini sate kambingnya empuk karena daging yang digunakan selalu segar. Belum masuk kulkas. Dalam dunia persatean, kalau daging sudah masuk kulkas atau terkena air, maka satenya tidak bisa empuk dan juicy.

Gule kambingnya juga enak. Biasanya gule di warung sate isinya adalah jeroan. Di warung Mak Mah, isi gule dominan balungan, dagingnya masih cukup banyak.

Warung ini cukup ramai. Harganya juga paling mahal di antara semua warung sate dan gule kambing di Pantura Lamongan. Ini wajar karena memang daging satenya irisannya besar-besar dan rasanya enak. Seporsi sate kambing isi sepuluh tusuk harganya 50 ribu rupiah. Sementara harga semangkuk gule kambing harganya arti 30 ribu rupiah.

Karena pembelinya banyak, di siang hari kadang sate sudah habis. Warung tutup. Jika Anda ke sini dan warung Mak Mah tutup, Anda bisa mencoba warung sate alternatif yang juga sama-sama enak, lokasinya ada di Terminal Baru di sebelah timur toko Laskar Buah.

Sate dan gule di sini juga sama-sama enak, harganya sedikit lebih murah. Harga seporsi sate kambing isi 10 tusuk Rp 45 ribu. Sementara seporsi gule harganya Rp 20 ribu rupiah. Harga gulenya jauh lebih murah daripada gule Mak Mah karena guledi sini isinya lebih banyak jeroan. Memang ada juga balungannya tapi tidak sebanyak Mak Mah. Warung sate ini buka siang sampai malam hari.

Namun gule di sini kategorinya agak pedas dan minyaknya banyak. Sementara gule di warung Mak Mah kategorinya gurih, tidak begitu pedas, minyaknya juga tidak begitu banyak.

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Leave a Reply