jual stb di lamongan

Masalah STB TV Digital di Lamongan dan Cara Mengatasinya

BERITA, DIREKTORI

Per 20 Desember 2022, siaran TV analog di Lamongan resmi dihentikan. Sekarang televisi tidak lagi keluar gambarnya. Karena siaran TV sudah bermigrasi ke TV digital, mau tidak mau kita harus membeli Set Top Box (STB) TV Digital.

Apa boleh buat. Pemerintah, kalau sudah membuat kebijakan, tak peduli apakah kebijakan itu merepotkan rakyat atau tidak. Perlu diketahui, pemasangan STB ini tidak selalu mudah. Sering bermasalah. Masalahnya pun macam-macam. Bisa jadi karena memang sinyal TV digital belum bagus. Ini tergantung lokasinya. Untuk daerah perkotaan tak ada masalah. Tapi di Lamongan Pantura yang banyak bebukitan seperti Brondong, sinyal TV tidak bagus. Butuh antena yang sangat tinggi.

Bisa juga kesalahan ada pada saat kita melakukan setting TV. Intinya, kalau kita membeli STB baru lalu pemasangannya bermasalah, itu tidak berarti STB-nya yang jelek. Harus dicari dulu masalahnya.

Gambar TV digital memang lebih jernih daripada TV analog. Tetapi tidak semua channel TV analog muncul di TV digital. Misalnya di wilayah Pantura, channel MNC Group tidak bisa muncul. Entah di Lamongan selatan. Jadi, di Pantura tidak ada MNC TV, RCTI, Global TV. Padahal kalau kita menyalakan TV untuk anak-anak, mereka senangnya menonton Upin Ipin.

Di Pantura, sinyal TV digital masih belum bagus. Ini bisa kita lihat dengan jelas di aplikasi Sinyal TV Digital. Kalau kita ingin tahu kekuatan sinyal TV digital, kita bisa menginstal aplikasi Sinyal TV Digital dari Play Store. Setelah kita masukkan titik lokasi, aplikasi akan melakukan scanning lalu mengeluarkan hasilnya dalam bentuk peta berwarna. Warna merah tua menunjukkan sinyal kuat, sedangkan warna hijau pucat menunjukkan sinyal lemah. Gambar garis biru menunjukkan arah ke mana antena TV harus dihadapkan.

Pemancar TV digital ada di Surabaya. Jadi kita harus menghadapkan antena ke Surabaya. Yang ini memang tidak ada perubahan sebab pada era TV analog pun kita menghadapkan antena ke Surabaya. Gambar di bawah ini adalah hasil scanning dari lokasi Pantura.

Harga STB TV Digital

Bulan kemarin harga STB masih di kisaran Rp 200-an ribu. Sekarang produsen dan penjual sedang aji mumpung. Harga hari ini naik dua kali lipat daripada bulan kemarin. Sayangnya, Pemerintah tidak mengendalikan harga produk ini sehingga sekarang berlaku hukum pasar: Permintaan sangat tinggi, harga juga sangat tinggi. 

Bahkan salah satu merek STB yang paling populer, yaitu Polytron PDV 600T2, ludes di mana-mana dan sekarang harganya tidak masuk akal. Bulan kemarin kisaran harganya masih Rp 250-an ribu. Sekarang di Tokopedia ada yang menjual seharga Rp 1 juta. Ini sebetulnya sudah kelewatan. 

Penjual STB TV Digital di Lamongan

Di wilayah Lamongan sendiri penjual STB belum banyak. Di Lamongan kota memang tidak sulit mencari STB. Kita bisa mencarinya di Pasar Tingkat, di toko elektronik di Jalan Lamongrejo (antara Tugu Adipura dan alun-alun). Bahkan di Jalan Veteran ada penjual STB dadakan di pinggir jalan. 

Tapi di daerah kecamatan, mencari STB masih terbilang sulit. Di Brondong-Paciran saja sampai sekarang masih sulit mencari STB. Lebih gampang mencari STB ke Tuban.

Paling gampang sebetulnya membeli STB di marketplace macam Tokopedia, Shopee, Lazada. Tapi kalau kita masuk ke marketplace, hampir pasti kita akan bingung. Penjualnya banyak sekali. Kita tidak tahu mana penjual yang bagus, mana yang tidak. Rating saja tidak bisa dijadikan pedoman. Variasi harganya juga macam-macam. 

Supaya tidak bingung, kita sebaiknya tidak langsung masuk marketplace tapi memulai dulu dari situs kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Ini karena perpindahan ke TV digital ini adalah kebijakan Kominfo. Produsen STB harus mengikuti pedoman Kominfo. 

Di pasaran ada banyak sekali merek STB. Yang direkomendasikan adalah yang sudah mendapat sertifikat Kemenkominfo. STB jenis ini dijamin sesuai dengan kebijakan Kemenkominfo, semua channel muncul, bisa digunakan tanpa internet.

STB yang Punya Sertifikat dari Kementerian Kominfo

jual stb di lamongan

Berikut nama-nama merek dan seri STB yang mendapat sertifikat dari Kemenkominfo:

1POLYTRONPDV 610T2
2NEXMEDIANA1300/DVB-T2
3POLYTRONPDV 600T2
4AKARIADS-2230
5AKARIADS-210
6AKARIADS-168
7VENUSBrio
8POLYTRONPDV 620T2
9POLYTRONPDV700T2
10ERZAGenesis
11GOLDSATSONIC
12GOLDSATREVO
13INFICOITB-202
14INTI1407
15MATRIXAPPLE DVB2IP
16MYVOSTAR-01
17PIOLINEDVB-T2
18SIGNAL VIEWERSVSETB01
19TANAKAT2 Sniper
20TANAKAT2
21MATRIXAPPLE DVB-T2
22EVERCOSSSTB1
23NEXTRONNT2000-D
24NEXTRONTR 1000
25EVINIXH-1
26EVERCOSSSTB Max
27EVERCOSSSTB Pro
28EVERCOSSSTB Mini
29MATRIXCH-77
30AKARIADS-525
31TANAKAT2 JURASSIC
32TANAKAT2 New
33FREEBOXH-1
34VISIOHS1685
35KUBIKKubik Arca DVB-T2
36SUPER HDHD168
37ADVANDVB-10KK
38TANAKAT-21 SPIDER
39TANAKAT-21 NEW SAMURAI
40TANAKAT-21 ELANG
41TANAKAT-21 NEW SAKURA
42TANAKANUSANTARA
43CBMSEI130LN
44CRENOVAS-1807
45CBMDTP2162
46MATRIXAPPLE DVB-T2 SILVER
47TENNOXHD-9000
48WINASATHD-88 N
49VENUSCABAI RAWIT
50CBMCBM91T
51CBMCBM91TH
52ALDOAB3
53ALDOSTB 03
54UNICOMAPOLLO
55VARWINT1
56WELHOMECROWN
57LUBYDIGITANT
58NOISEDIAMOND
59MATRIXGARUDA DVB-T2
60MODIBOXPD-101
61NEXTRONVICSON 2000
62CBMBSTB-2201
63SHARPSTB-DD001I
64MATRIXAPPLE DVB-T2 KUNING
65NEXT TVG-1
66VITARAVTR-218T2
67IOTOOMEGA
68ZYREXZBOX
69CBMCBM81TH
70MYVOSTAR-02
71FINITOFNS-B04T2
72GOTAMAGTA-04KT2
73SOGOROYAL
74TECHNOSATTS-2000 KRYPTON
75ADVANST01
76ADVANST02
77SANEXSN-STB1801
78EVERCOSSSTB PLUS
79EVERCOSSSTB PRIME
80ADVANCE DIGITALSSTP-A01
81TAFFWAREDZ bien
82LYFE MOTIONST05
83ADVANST03
84MITSUYAMAMS-DVB01

Wah, mereknya banyak sekali. Bikin bingung. Buat kita yang tak paham urusan merek alat elektronik, ada dua rekomendasi merek yang sudah diketahui kualtasnya bagus, yaitu merek Polytron dan Matrix. Poytron, kita tahu, adalah merek lokal produk televisi dan alat elektronik yang kualitasnya cukup bagus. Sementara Matrix adalah merek produk antena parabola yang sudah berpengalaman. 

Apakah merek lain tidak direkomendasikan? Bukan begitu. Kalau sebuah merek sudah mendapat sertifikat dari Kemenkominfo, tentu produk itu sudah memenuhi standar. Rekomendasi merek Polytron dan Matrix semata-mata karena kita tidak paham dengan reputasi merek-merek di atas. 

Selain itu, produk Polytron dan Matrix juga punya fitur yang bagus. Bisa untuk Youtube, tinggal disambungkan saja ke wifi dengan tambahan Dongle. Juga bisa digunakan untuk merekam acara televisi. 

Salah satu ciri STB yang bersertifikat Kemenkominfo adalah pada saat dipasang pertama kali akan muncul permintaan mengisi kode pos. Apa-apaan ini? Nonton televisi aja kok diminta kode pos? Ini karena sesuai dengan peraturan baru. Jika ada bencana di lokasi sesuai kode pos itu, televisi akan menampilkan peringatan dini, misalnya gempa atau potensi tsunami. Peringatan ini dikeluarkan langsung oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Alternatif STB Android

Merek-merek STB di atas bisa digunakan untuk menonton televisi tanpa internet. Sebetulnya prosuk STB di pasaran ada banyak sekali. Justru STB TV digital ini adalah STB jenis baru yang muncul setelah kebijakan migrasi ke TV digital. Selama ini istilah STB kita gunakan untuk produk STB yang membutuhkan jaringan internet. Dua merek yang cukup populer adalah STB Indihome dan Mi Box. 

STB Indihome adalah sebutan STB, biasanya merek ZTE, yang biasanya digunakan untuk modem Indihome. Di marketplace harganya juga sekitar Rp 300-400-an ribu. STB ini sudah dioprek dan punya Play Store. Bisa diisi program Youtube. Bahkan bisa juga buat nonton Netflix, Disney, dll. STB ini bisa juga digunakan untuk menonton channel televisi lokal seperti RCTI dkk tapi lewat streaming, jadi butuh internet. 

Pilihan yang lebih bagus adalah Mi Box. Ini produk buatan Xiaomi, yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Fiturnya lengkap. Bisa dipakai man game juga. Tapi harganya lumayan mahal. Sekitar Rp 700-800 ribuan. Selisih sedikit sudah bisa dipakai beli hape baru.

Xiaomi juga mengeluarkan produk Mi Stick. Bentuknya seperti flash disk. Tinggal dicolokkan ke televisi yang punya colokan USB. Sambungkan ke wifi. Bisa buat nonton Youtube. Harganya sekitar Rp 500-an ribu. Tapi fiturnya tidak sebanyak Mi Box tentunya. Ada harga, ada rupa. 

Kalau kita tak punya jaringan wifi, kita cukup pakai STB Kemenkominfo di atas saja.

Cara Memasang STB TV Digital 

  • Baca bismillah
  • Matikan TV (cabut dari colokan listrik) untuk menghindari kesetrum
  • Cabut kabel antena dari TV lawas, sambungkan ke colokan antena di STB (biasanya ada tulisan ANT IN)
  • Sambungkan kabel RCA (merah, kuning, putih) ke STB
  • Kalau layar TV-nya jenis LCD, sambungkan STB ke LCD dengan kabel HDMI 

(Pada saat pesan di marketplace, pastikan untuk memesan kabel HDMI)

  • Nyalakan TV 
  • Nyalakan STB dengan remot
  • Pilih mode AV pada TV analog
  • Masukkan kode pos (daftar kode pos kecamatan seluruh Lamongan bisa dilihat di bawah)
  • Pilih menu Pencarian Saluran
  • Pilih Pencarian Otomatis, biarkan STB memindai channel
  • Pilih Simpan
  • Siap nonton TV digital

Cara Mengatasi Masalah STB TV Digital

Channel RCTI, MNC TV tidak muncul

Untuk sementara channel RCTI group memang belum muncul karena RCTI terlambat melakukan migrasi ke TV Digital. Nanti kalau proses migrasi sudah selesai, channel RCTI dkk akan muncul. Anak-anak bisa menonton Upin Ipin lagi

Tidak Ada Sinyal

  • Kemungkinan pertama memang di lokasi kita tidak ada sinyal TV Digital. Untuk memastikannya, silakan install aplikasi SinyalTVDigital dari PlayStore, aktifkan GPS, biarkan aplikasi melakukan scanning. Kalau di lokasi kita warnanya hijau pucat berarti memang sinyalnya lemah
  • Kemungkinan kedua, ada sinyal tapi lemah. Untuk mengatasi ini, kita bisa menggunakan antena yang bagus yang daya tangkapnya kuat. Atau antena ditambah booster.

Gambar Tidak Bergerak/Patah-patah Seperti VCD rusak

  • Masuk ke Pengaturan (Setting)
  • Pilih Image (Gambar) untuk menyetel kualitas gambar.
  • Pilih yang resoulisnya rendah, misalnya 720p atau lebih rendah
  • Bisa juga kita menggunakan Dongle. Alat ini sebetulnya adalah penangkap jaringan internet. Membuat STB bisa buat nonton Youtube. Tinggal dicolokkan ke STB. Alat ini juga berfungsi sebagai antena tambahan. Merek dongle yang kualitasnya cukup bagus adalah Matrix. Harganya sekitar Rp 50.000. Bisa dibeli di Tokopedia. Toko online yang kami rekomendasikan, silakan klik di sini.

Tiap kecamatan memiliki nomor kode pos khusus. Desa-desa dalam satu kecamatan memiliki nomor kode pos yang sama. Jadi, kalau kita mencari kode pos, cukup cari kecamatannya saja, tidak perlu desanya.

Daftar Kode Pos Seluruh Desa di Lamongan

NoKodePosDesa/KelurahanKecamatan
162252BadurameTuri
262252BalunTuri
362252BambangTuri
462252GedungboyountungTuri
562252GegerTuri
662252KarangwedoroTuri
762252KebenTuri
862252KemlagigedeTuri
962252KemlagilorTuri
1062252KepudibenerTuri
1162252NgujungrejoTuri
1262252PomahanjangganTuri
1362252PutatkumpulTuri
1462252SukoanyarTuri
1562252SukorejoTuri
1662252TambakplosoTuri
1762252TawangrejoTuri
1862252TuriTuri
1962252WangunrejoTuri
2062280BakalanpuleTikung
2162280BalongwangiTikung
2262280BotoputihTikung
2362280DukuhagungTikung
2462280GuminingrejoTikung
2562280JatirejoTikung
2662280JotosanurTikung
2762280KelorarumTikung
2862280PengumbulanadiTikung
2962280SokoTikung
3062280TakeranklatingTikung
3162280TambakrigadungTikung
3262280WonokromoTikung
3362276BanggleSukorame
3462276KedungkumpulSukorame
3562276KedungrejoSukorame
3662276MragelSukorame
3762276PendowokumpulSukorame
3862276SembungSukorame
3962276SeworSukorame
4062276SukorameSukorame
4162276WedoroSukorame
4262253BalungtawunSukodadi
4362253BandungsariSukodadi
4462253BanjarejoSukodadi
4562253BaturonoSukodadi
4662253GedanganSukodadi
4762253KadungrembugSukodadi
4862253KebonsariSukodadi
4962253MadulegiSukodadi
5062253MenongoSukodadi
5162253PajanganSukodadi
5262253PlumpangSukodadi
5362253SidogembulSukodadi
5462253SiwalanrejoSukodadi
5562253SugihrejoSukodadi
5662253SukodadiSukodadi
5762253SukoliloSukodadi
5862253SumberagungSukodadi
5962253SumberajiSukodadi
6062253SurabayanSukodadi
6162253TlogorejoSukodadi
6262256BakalrejoSugio
6362256BedinginSugio
6462256DaliwangunSugio
6562256DeketagungSugio
6662256GermanSugio
6762256GondanglorSugio
6862256JubelkidulSugio
6962256JubellorSugio
7062256KalipangSugio
7162256KalitengahSugio
7262256KarangsambigalihSugio
7362256KedungbanjarSugio
7462256KedungdadiSugio
7562256LawanganagungSugio
7662256LebakadiSugio
7762256PangkatrejoSugio
7862256SekarbagusSugio
7962256SidobogemSugio
8062256SidorejoSugio
8162256SugioSugio
8262256SupenuhSugio
8362265BanyubangSolokuro
8462265BluriSolokuro
8562265DadapanSolokuro
8662265DaganSolokuro
8762265PayamanSolokuro
8862265SolokuroSolokuro
8962265SugihanSolokuro
9062265TakerharjoSolokuro
9162265TebluruSolokuro
9262265TenggulunSolokuro
9362260BesurSekaran
9462260BugelSekaran
9562260BulutenggerSekaran
9662260JugoSekaran
9762260KarangSekaran
9862260KebalankulonSekaran
9962260KembanganSekaran
10062260KendalSekaran
10162260KetingSekaran
10262260KudikanSekaran
10362260LatekSekaran
10462260ManyarSekaran
10562260MiruSekaran
10662260MoroSekaran
10762260NgarumSekaran
10862260PorodesoSekaran
10962260SekaranSekaran
11062260SimanSekaran
11162260SungegenengSekaran
11262260TitikSekaran
11362260TrosonoSekaran
11462281BeruSarirejo
11562281CanggahSarirejo
11662281DermolemahbangSarirejo
11762281GempoltukmlokoSarirejo
11862281KedungkumpulSarirejo
11962281SarirejoSarirejo
12062281SimbatanSarirejo
12162281SumberjoSarirejo
12262281TambakmenjanganSarirejo
12362284ArdirejoSambeng
12462284BarurejoSambeng
12562284CandisariSambeng
12662284GarungSambeng
12762284GempolmanisSambeng
12862284JatipandakSambeng
12962284KedungbanjarSambeng
13062284KedungwangiSambeng
13162284KreteranggonSambeng
13262284NogojatisariSambeng
13362284PamotanSambeng
13462284PasarlegiSambeng
13562284PataanSambeng
13662284SekidangSambeng
13762284SelorejoSambeng
13862284SemampirejoSambeng
13962284SidokumpulSambeng
14062284SumbersariSambeng
14162284TenggiringSambeng
14262284WateswinangunSambeng
14362284WonorejoSambeng
14462284WudiSambeng
14562257BabatkumpulPucuk
14662257BugoharjoPucuk
14762257CungkupPucuk
14862257GempolpadingPucuk
14962257KarangtinggilPucuk
15062257KedaliPucuk
15162257KesambiPucuk
15262257NgambegPucuk
15362257PadenganplosoPucuk
15462257PajiPucuk
15562257PlososetroPucuk
15662257PucukPucuk
15762257SumberjoPucuk
15862257TanggunganPucuk
15962257WanarPucuk
16062257WarukulonPucuk
16162257WaruwetanPucuk
16262264BanjarwatiPaciran
16362264BlimbingPaciran
16462264DrajatPaciran
16562264KandangsemangkonPaciran
16662264KemantrenPaciran
16762264KranjiPaciran
16862264PaciranPaciran
16962264PalohPaciran
17062264SendangagungPaciran
17162264SendangduwurPaciran
17262264SidokelarPaciran
17362264SidokumpulPaciran
17462264SumurgayamPaciran
17562264TlogosadangPaciran
17662264TunggulPaciran
17762264WarulorPaciran
17862264WeruPaciran
17962273CermeNgimbang
18062273DrujuguritNgimbang
18162273DurikedungjeroNgimbang
18262273GanggangtinganNgimbang
18362273GebangangkrikNgimbang
18462273GirikNgimbang
18562273JejelNgimbang
18662273KakatpenjalinNgimbang
18762273KedungmentawarNgimbang
18862273LamongrejoNgimbang
18962273LawakNgimbang
19062273MendogoNgimbang
19162273MunungrejoNgimbang
19262273NgasemlemahbangNgimbang
19362273NgimbangNgimbang
19462273PurwokertoNgimbang
19562273SendangrejoNgimbang
19662273SlaharwotanNgimbang
19762273TlemangNgimbang
19862275JatipayakModo
19962275JegregModo
20062275KacanganModo
20162275KedunglerepModo
20262275KedungpengaronModo
20362275KedungrejoModo
20462275KedungwarasModo
20562275MedalemModo
20662275MojorejoModo
20762275NguwokModo
20862275PuleModo
20962275SambangrejoModo
21062275SambungrejoModo
21162275SidodowoModo
21262275SidomulyoModo
21362275SumberagungModo
21462275YungyangModo
21562283KedukbembemMantup
21662283KedungsokoMantup
21762283MantupMantup
21862283MojosariMantup
21962283PlabuhanrejoMantup
22062283RumpukMantup
22162283SidomulyoMantup
22262283SukobenduMantup
22362283SukosariMantup
22462283SumberagungMantup
22562283SumberbendoMantup
22662283SumberdadiMantup
22762283SumberkerepMantup
22862283TuguMantup
22962283TunggunjagirMantup
23062261BlumbangMaduran
23162261BrumbunMaduran
23262261DuriwetanMaduran
23362261GedanganMaduran
23462261GumantukMaduran
23562261JangkungsomoMaduran
23662261KanugrahanMaduran
23762261KlagensrampatMaduran
23862261MaduranMaduran
23962261NgayungMaduran
24062261PangeanMaduran
24162261PangkatrejoMaduran
24262261ParenganMaduran
24362261PringgoboyoMaduran
24462261SiwuranMaduran
24562261TajiMaduran
24662261TuriMaduran
24762262BrangsiLaren
24862262BulubrangsiLaren
24962262BulutigoLaren
25062262CentiniLaren
25162262DatengLaren
25262262DurikulonLaren
25362262GampangsejatiLaren
25462262GelapLaren
25562262GodogLaren
25662262JabungLaren
25762262KarangtawarLaren
25862262KarangwungulorLaren
25962262KeduyungLaren
26062262LarenLaren
26162262MojoasemLaren
26262262PelangwotLaren
26362262PesanggrahanLaren
26462262SiserLaren
26562262TamanprijegLaren
26662262TejoasriLaren
26762212BanjarmendalanLamongan
26862211JetisLamongan
26962218KaranglangitLamongan
27062218KebetLamongan
27162218KramatLamongan
27262218MadeLamongan
27362218PangkatrejoLamongan
27462218PlosowahyuLamongan
27562218RancangkenconoLamongan
27662218SendangrejoLamongan
27762217SidoharjoLamongan
27862213SidokumpulLamongan
27962218SidomuktiLamongan
28062216SukomulyoLamongan
28162215SukorejoLamongan
28262218SumberjoLamongan
28362218TanjungLamongan
28462218TlogoanyarLamongan
28562214TumenggunganLamongan
28662218WajikLamongan
28762282DoyomulyoKembangbahu
28862282DumpiagungKembangbahu
28962282GintunganKembangbahu
29062282KaliwatesKembangbahu
29162282KatemasKembangbahu
29262282KedungasriKembangbahu
29362282KedungmegarihKembangbahu
29462282KembangbahuKembangbahu
29562282LopangKembangbahu
29662282MangkujajarKembangbahu
29762282MaorKembangbahu
29862282MoronyamplungKembangbahu
29962282PelangKembangbahu
30062282PuterKembangbahu
30162282RandubenerKembangbahu
30262282SidomuktiKembangbahu
30362282SukosongoKembangbahu
30462282TlogoagungKembangbahu
30562272BanjarejoKedungpring
30662272BlawirejoKedungpring
30762272DradahblumbangKedungpring
30862272GunungrejoKedungpring
30962272JatidrojogKedungpring
31062272KalenKedungpring
31162272KandangrejoKedungpring
31262272KarangcangkringKedungpring
31362272KedungpringKedungpring
31462272KradenanrejoKedungpring
31562272MainduKedungpring
31662272MajenangKedungpring
31762272MekanderejoKedungpring
31862272MlatiKedungpring
31962272MojodadiKedungpring
32062272NgleburKedungpring
32162272SidobangunKedungpring
32262272SidomlangeanKedungpring
32362272SukomaloKedungpring
32462272SumengkoKedungpring
32562272TenggerejoKedungpring
32662272TlanakKedungpring
32762272WarungringKedungpring
32862254BanjarmaduKaranggeneng
32962254BantengputihKaranggeneng
33062254GuciKaranggeneng
33162254JagranKaranggeneng
33262254KalanganyarKaranggeneng
33362254KaligermanKaranggeneng
33462254KaranggenengKaranggeneng
33562254KarangrejoKaranggeneng
33662254KarangwunguKaranggeneng
33762254KawistolegiKaranggeneng
33862254KendalkemlagiKaranggeneng
33962254LatukanKaranggeneng
34062254MertaniKaranggeneng
34162254PrijekngablakKaranggeneng
34262254SonoadiKaranggeneng
34362254SumberwudiKaranggeneng
34462254SungelebakKaranggeneng
34562254TracalKaranggeneng
34662293BanjarejoKarangbinangun
34762293BanyuuripKarangbinangun
34862293BaranggayamKarangbinangun
34962293BlawiKarangbinangun
35062293BogobabadanKarangbinangun
35162293GawerejoKarangbinangun
35262293KaranganomKarangbinangun
35362293KarangbinangunKarangbinangun
35462293KetapangteluKarangbinangun
35562293KuroKarangbinangun
35662293MayongKarangbinangun
35762293PalanganKarangbinangun
35862293PendowolimoKarangbinangun
35962293PriyosoKarangbinangun
36062293PutatbangahKarangbinangun
36162293SambopinggirKarangbinangun
36262293SomowinangunKarangbinangun
36362293SukorejoKarangbinangun
36462293WarukKarangbinangun
36562293WatangpanjangKarangbinangun
36662293WinduKarangbinangun
36762255BlajoKalitengah
36862255BojoasriKalitengah
36962255ButunganKalitengah
37062255CanditunggalKalitengah
37162255CluringKalitengah
37262255DibeKalitengah
37362255GambuhanKalitengah
37462255JelakcaturKalitengah
37562255KalitengahKalitengah
37662255KedirenKalitengah
37762255KuluranKalitengah
37862255LukrejoKalitengah
37962255MungliKalitengah
38062255PengangsalanKalitengah
38162255PucangroKalitengah
38262255PucangteluKalitengah
38362255SomosariKalitengah
38462255SugihwarasKalitengah
38562255TiwetKalitengah
38662255TunjungmekarKalitengah
38762292BangkokGlagah
38862292BapuhbandungGlagah
38962292BapuhbaruGlagah
39062292BeganGlagah
39162292DuduklorGlagah
39262292DukuhtunggalGlagah
39362292GempolpendowoGlagah
39462292GlagahGlagah
39562292JatirenggoGlagah
39662292KarangagungGlagah
39762292KarangturiGlagah
39862292KentongGlagah
39962292KonangGlagah
40062292MargoanyarGlagah
40162292MedangGlagah
40262292MelunturGlagah
40362292MeluwurGlagah
40462292MendogoGlagah
40562292MengantiGlagah
40662292MorocalanGlagah
40762292PanggangGlagah
40862292PasiGlagah
40962292RayunggumukGlagah
41062292SokoGlagah
41162292SudanganGlagah
41262292TanggungprigelGlagah
41362292WangenGlagah
41462292WedoroGlagah
41562292WonorejoGlagah
41662291BabatagungDeket
41762291DeketkulonDeket
41862291DeketwetanDeket
41962291DinoyoDeket
42062291DlangguDeket
42162291LaladanDeket
42262291PandanpancurDeket
42362291PlosobudenDeket
42462291RejosariDeket
42562291RejotengahDeket
42662291SidobinangunDeket
42762291SidomulyoDeket
42862291SidorejoDeket
42962291SrirandeDeket
43062291SugihwarasDeket
43162291TukkertoDeket
43262291WeduniDeket
43362263BrengkokBrondong
43462263BrondongBrondong
43562263LabuhanBrondong
43662263LemborBrondong
43762263LohgungBrondong
43862263SedayulawasBrondong
43962263SendangharjoBrondong
44062263SidomuktiBrondong
44162263SumberagungBrondong
44262263TlogoretnoBrondong
44362274BanjargondangBluluk
44462274BlulukBluluk
44562274BronjongBluluk
44662274CangkringBluluk
44762274KuwurejoBluluk
44862274PrimpenBluluk
44962274SongowarengBluluk
45062274SumberbanjarBluluk
45162274TalunrejoBluluk
45262271BabatBabat
45362271BanaranBabat
45462271BedahanBabat
45562271BulumargiBabat
45662271DatinawongBabat
45762271GembongBabat
45862271GendongkulonBabat
45962271KarangkembangBabat
46062271KebalandonoBabat
46162271KebalanpelangBabat
46262271KebonagungBabat
46362271KeyonganBabat
46462271KuripanBabat
46562271MoropelangBabat
46662271PatihanBabat
46762271PlaosanBabat
46862271PucakwangiBabat
46962271SambanganBabat
47062271SogoBabat
47162271SumurgenukBabat
47262271TrepanBabat
47362271TritunggalBabat
47462271TruniBabat
Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Leave a Reply