toserba sunan drajat

TOSERBA SUNAN DRAJAT, MALL-NYA ORANG PANTURA, LENGKAP (3)

DIREKTORI
toserba sunan drajat paciran

Bulan April 2022 ini Toserba Sunan Drajat resmi dibuka. Lokasinya persis di seberang kompleks wisata religi Makam Sunan Drajat. Gedungnya cukup besar dan megah. Tiga lantai full. Menyediakan aneka macam barang. Bisa menjadi pilihan tempat jalan-jalan sekaligus cuci mata sekaligus bakar uang. Keluar dari Toserba ini, dompet Anda dijamin akan langsung bersih. 

Toserba ini makin memperketat persaingan bisnis ritel di Pantura. Di Drajat sekarang ada 3 toserba yang cukup besar, yaitu Tiara, Primark, dan kini Sunan Drajat. Sebelum ada Toserba Sunan Drajat, toserba paling lengkap di Pantura adalah Tiara. Tapi sekarang gelar ini berpindah ke Sunan Drajat. 

Persaingan 3 toserba di radius 1 km sebetulnya terlalu sengit. Entah bagaimana, toserba-toserba besar berpusat di Drajat. Padahal pusat ekonomi Pantura ada di Brondong-Blimbing, karena merupakan daerah pelabuhan perikanan nasional

toserba sunan drajat

Alamat dan Telepon Toserba Sunan Drajat

Nama resmi toko ini sebetulnya adalah Toserba Pondok Pesantren Sunan Drajat  (PPSD). 

Alamatnya: Jl. Raya Banjarwati-Sukodadi, Kecamatan Paciran. Lokasinya tepat di seberang tempat parkir bus peziarah makam Sunan Drajat. 

Google Maps klik di sini.

Telepon: 081558773714

Toserba ini cukup lengkap. Layak dikunjungi, bukan hanya oleh warga sekitar Drajat. Orang Kecamatan Brondong, Paciran, Solokuro, Laren, sampai Karanggeneng pun tidak rugi pergi ke sini. Karena bukan hanya barangnya cukup lengkap, toko ini bisa juga dianggap sebagai “mall” tempat jalan-jalan dan cuci mata.

Warga Pantura Lamongan sekarang tidak perlu jauh-jauh pergi ke Toserba Bravo Tuban kalau hanya mau mencari satu dua barang. Cukup ke Drajat saja. 

toserba sunan drajat

Barang yang Dijual di Toserba Sunan Drajat

Toserba ini milik Pesantren Sunan Drajat yang diasuh oleh Kiai Abdul Ghofur. Pak Nggopur selama ini terkenal sebagai kiai-pengusaha-politikus yang kondang di Lamongan. Toserba ini adalah salah satu lini bisnis pesantren. Selain toserba ini, Pesantren Sunan Drajat punya aneka macam bisnis, mulai dari produksi garam, air minum kemasan, pertanian, sampai tambang kapur. Produk-produk ini juga dipajang di toserba PPSD. 

Toserba Sunan Drajat punya tiga lantai yang cukup luas. 

  • Lantai 1: menjual aneka kebutuhan sehari-hari seperti sabun, bahan makanan, bahan kue, dsb. Beberapa jenis barang adalah produk wirausaha pesantren ini, misalnya gula Sunan Drajat, garam Sunan Drajat, beras Sunan Drajat, dll. 
  • Lantai 2: menjual perlengkapan kebutuhan bayi, ibu, mainan, alat masak, alat pertukangan, elektronik, kosmetik, alat tulis, alat olahraga, dan lain-lain. 
  • Lantai 3: menjual aneka macam pakaian, baik pria, wanita, anak-anak, bayi, tas, sepatu, sarung, kopiah, aksesoris. Beberapa koleksi pakaian di sini juga merupakan produk wirausaha pesantren. Anda yang alumni Ponpes Sunan Drajat, kalau ingin membeli kaos Sunan Drajat, bisa langsung datang ke sini saja.

Lantai 3 toserba ini adalah gerai fashion berlabel Ahwarumi. Jadi tidak seperti di mall yang menyediakan aneka macam merek. Ahwarumi adalah label busana lokal yang dikembangkan oleh Biyati Ahwarumi, salah satu orang kepercayaan Kiai Abdul Ghofur.

toserba sunan drajat

WARNING: sebelum naik ke lantai 3, pastikan dompet masih ada isinya, paling tidak ada tiga lembar kertas bergambar Bung Karno dan Bung Hatta. Ibu-ibu dan anak-anak bisa gelap mata di sini.

Kelebihan dan Kekurangan Toserba Sunan Drajat

  • Tempat parkir. Halaman toserba ini cukup luas. Mobil dan motor tidak akan kesulitan parkir. Tampaknya ini menjawab kelemahan toko Tiara yang tempat parkirnya tidak begitu luas. 
  • Harga. Kami sudah mencoba berbelanja di toko ini. Kesimpulan kami, harganya termasuk kategori biasa alias wajar. Tidak kategori grosir seperti Bravo Tuban. Juga tidak kategori mahal. Harga pakaian jika dibandingkan dengan toko online memang lebih mahal. Ini wajar karena memang di toserba ada biaya tempat. Harga susu, popok, dan sejenisnya juga tidak lebih murah daripada Alfamart dan Indomaret. Soal harga masih kalah dibandingkan dengan Toko Awam di Paciran. Awam lebih murah. 
  • Kelengkapan. Jenis barang yang dijual memang sangat beraneka ragam. Tapi untuk beberapa kategori, masih kalah lengkap dibandingkan toko Tiara. Misalnya di kategori bumbu dan bahan kue, Tiara lebih lengkap. Saat ini toko Tiara juga sudah punya lini apotek serta toko perlengkapan hewan dan ternak. Apoteknya juga lumayan lengkap. Jadi, dalam urusan ini Tiara masih lebih unggul. Walaupun tokonya lebih kecil dan lorongnya sempit, toko Tiara sebetulnya cukup lengkap. Kalau Anda mencari satu dua barang dan tidak menemukannya di Toserba Sunan Drajat, Anda bisa mencoba mencarinya di Tiara.
  • Luas. Tiga lantai toserba ini kelihatannya dirancang untuk terus ditambah stok barangnya. Ruangannya masih lapang. Anak-anak bisa berlari di lorong atau bermain menarik keranjang belanja. Tapi hati-hati, lantainya licin. 
  • Tempat bermain. Ini salah satu kelebihan Toserba PPSD. Di lantai dua ada satu tempat khusus untuk bermain anak-anak. Gratis. Sementar emaknya memilih barang, anaknya bisa bermain di sini.
toserba sunan drajat
  • Kursi duduk. Ini juga kelebihan toserba PPSD. Ada banyak kursi di semua lantai. Sehingga pembeli yang capek bisa duduk-duduk. Cocok buat para suami yang capek menunggu istrinya memilih baju. 
  • Kamar pas yang buagus. Di lantai tiga, ada kamar pas untuk mencoba pakaian. Ini fasilitas yang layak diacungi jempol. Kamarnya bagus. Bahkan lebih bagus daripada kamar pas di mal-mal.
Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Leave a Reply