jadwal kereta stasiun lamongan

JADWAL KERETA STASIUN LAMONGAN DAN STASIUN BABAT (1)

DIREKTORI

Di Lamongan ada dua stasiun utama, yaitu Stasiun Babat dan Stasiun Lamongan Kota. Stasiun di Babat lebih besar daripada Stasiun di Lamongan Kota karena ketika dibangun pada zaman Belanda, Kota Babat memang lebih ramai daripada Lamongan Kota.

Kereta yang berangkat dari Surabaya ke Jakarta biasanya berhenti untuk menaikkan penumpang di Babat. Tapi kereta yang berangkat dari Jakarta menuju Surabaya biasanya berhenti di Babat dan Lamongan Kota. Di Lamongan, kereta biasanya hanya berhenti satu menit. Hanya untuk menurunkan penumpang.

Kalau Anda dari arah Jakarta/Semarang berencana pergi ke Lamongan, misalnya untuk bertemu dengan calon mertua, Anda perlu merencanakan jemputan di Stasiun Lamongan. Sebaliknya, pada saat kembali ke arah Jakarta/Semarang, Anda perlu jasa antar ke Stasiun Babat.

Angkutan Umum di Stasiun Lamongan/Stasiun Babat

Sampai saat ini Lamongan belum memiliki angkutan umum yang terpadu. Jadi, kita harus mengandalkan jemputan atau layanan sejenis ojek lokal. LamonganPos.com sudah pernah menulis tentang Ojek Lokal. Selengkapnya bisa dibaca di sini

Satu-satunya angkutan yang bisa diandalkan adalah bus jurusan Babat-Lamongan-Surabaya. Kebetulan stasiun Lamongan letaknya persis di dekat halte bus jalan raya Surabaya-Lamongan. Jadi, keluar dari stasiun kita bisa langsung menunggu di halte bus. Kalau kita sampai di stasiun masih terlalu pagi, kita bisa sarapan sego boran dulu di seberang stasiun.

Adapun Stasiun Babat letaknya cukup jauh dari jalan raya. Keluar dari stasiun kita harus jalan kaki sebentar ke arah Pasar Babat untuk bisa sampai di pemberhentian bus.

Jam berapa kereta sampai di Lamongan?

Gampangnya, kereta api sampai di Lamongan kira-kira 45 menit sebelum kereta tiba di Surabaya. Jadi, misalnya jadwal kereta tiba di Pasar Turi pukul 5 pagi, maka Anda bisa minta ojol untuk siap di Stasiun Lamongan jam 4 pagi. Karena kereta hanya berhenti satu menit di stasiun, sebelum kereta sampai di Lamongan, Anda harus bersiap-siap dekat pintu keluar. Jangan sampai tertidur. Kalau telat turun, bisa-bisa batal ketemu calon mertua. 

Tidak semua kereta Jakarta ke Surabaya berhenti di Stasiun Lamongan. Untuk pastinya, tanyakan ke petugas tiket. 

Jadwal Lengkap Kereta Api Jakarta-Surabaya yang Berhenti di Lamongan 

Dari Jakarta, kereta kelas eksekutif seperti Argo Anggrek dan Sembrani berangkat dari Stasiun Gambir. Sementara kereta bisnis dan ekonomi seperti Gumarang dan Kertajaya berangkat dari Stasiun Pasar Senen. Semua kereta yang lewat Pantura tujuan akhirnya adalah Stasiun Pasar Turi Surabaya. Bukan Stasiun Gubeng Surabaya. Stasiun Gubeng hanya untuk kereta jalur selatan. 

Kereta ekonomi biasanya berhenti di Stasiun Babat dan Stasiun Lamongan. Karena sering berhenti di stasiun kecil, waktu tempuhnya paling lama. Lebih detailnya silakan langsung cek di website Kereta Api Indonesia.

NOKERETA APIJURUSANJAM BERANGKATJAM TIBA
1ARGO BROMO ANGGREKSurabaya Pasar Turi – Gambir09.3517.45
2ARGO BROMO ANGGREKGambir – Surabaya Pasar Turi08.2016.30
3ARGO BROMO ANGGREKSurabaya Pasar Turi – Gambir21.0505.15
4ARGO BROMO ANGGREKGambir – Surabaya Pasar Turi20.3504.45
5SEMBRANISurabaya Pasar Turi – Gambir18.5504.27
6SEMBRANIGambir – Surabaya Pasar Turi19.0004.30
7SEMBRANI TAMBAHANGambir – Surabaya Pasar Turi21:1507:08
8SEMBRANI TAMBAHANSurabaya Pasar Turi – Gambir20:0005:50
9JAYABAYAMalang – Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen11.5001.25
10JAYABAYAPasar Senen – Surabaya Pasar Turi  – Malang16.4506.28
11HARINASurabaya Pasar Turi – Semarang Tawang – Bandung17.4004.52
12HARINABandung – Semarang Tawang – Surabaya Pasar Turi20.2508.05
13GUMARANGSurabaya Pasar Turi – Jakarta Pasar Senen15.5502.42
14GUMARANGPasar Senen – Surabaya Pasar Turi 15.5002.45
15DHARMAWANGSA EKSPRESSurabaya Pasar Turi – Jakarta Pasar Senen22.3509.25
16DHARMAWANGSA EKSPRESPasar Senen – Surabaya Pasar Turi 08.5519.35
17KERTAJAYASurabaya Pasar Turi – Pasar Senen21.2008.25
18KERTAJAYAPasar Senen – Surabaya Pasar Turi14.1001.25

 Apakah di Stasiun Lamongan/Babat ada Swab Rapid Test Antigen?

Sekarang sudah tidak ada. Penumpang yang sudah divaksinasi Covid 19 lengkap tidak perlu menunjukkan tes antigen. Kalau Anda belum menerima vaksinasi dan membutuhkan tes antigen, Anda bisa datang ke Puskesmas atau klinik terdekat. Semua Puskesmas dan klinik di Lamongan saat ini sudah bisa melayani tes antigen. Biayanya puluhan ribu rupiah, tidak lagi ratusan ribu. 

Foto stasiun Lamongan: Huda M. dan Alie Zuhri

Foto stasiun Babat: Kndaru

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

2 comments

Leave a Reply