masjid namira lamongan

Masjid Namira Lamongan, Info Lengkap Update 2024

WISATA

LamonganPos.com sudah pernah menulis singkat mengenai masjid Namira Lamongan. Seiring dengan makin terkenalnya Namira, ada banyak pertanyaan di internet mengenai masjid ini. Beberapa pertanyaan kami rangkum di sini.

Jadwal Pengajian Bulan Ramadan 2024

JADWAL PENCERAMAH KAJIAN SEBELUM BERBUKA PUASA & BA’DA TARAWIH BULAN RAMADHAN 1445 H MASJID NAMIRA LAMONGAN

SENIN11Ust. H. ROFI’ MUNAWAR, Lc.LAMONGANSelamat datang bulan mulia
SELASA12Ust.ABU JUNDISURABAYAJangan rusak Ramadhan & puasamu
RABU13Ust. HAMID M UHANAN, Lc.LAMONGANTaubat  kunci kemenangan umat
KAMIS14Ust. MUHAMMAD AL FAROBBISURABAYASudahkah kita benar-benar bergantung kepada Allah
J UM’AT15Ust. MUSTOFA M UNTASAM, LcLAMONGANMasjid pilar  kekuatan & peradaban
SABTU16Ust. MIQDAR QURANY, LCLAMONGANDahsyatnya doa
AHAD17Ust.ABU ASLAMSIOOARJOGaspol amalan di bulan ramadhan
SENIN18Ust. ANISMUBAROKLAMONGANRamadhon bersama Al-Quran
 SELASA19Ust. KUSNO HADI M.Pd IGRESIKRamadhan madrasah terbaik
RABU20KH. ABD.HAKAM MUBAROK, Lc.LAMONGANRamadhan dan nilainilai tauhid
  KAMIS  21  Ust.AHMAD SABIQ. Le.  GRESIKWah.ai hamba, Allah senantiasa mengawasimu
J UM’AT22Ust.H.FARID DHOFIR, Lc, MSiGRESIKMenata hatl menu]u qolbunsalim
SABTU23Ust.OR. FADLAN FAHAMSYAH. M.Hi.SURABAYA  Pesona surga dan ngerinya neraka
AHAD24Ust. OR. NIDLOL MASYHUD. LeGRESIKJangan sampal futur ditengah jalan
SENIN25Ust ABU IBROHIM MUHAMMAD AliPASURUANAntara sabar dan syukur
SELASA26Ust. DR. PIET H.KHAID IR, Lc, MA.LAMONGANRamadhan dan produktivitas
RABU27Ust.M UHAMMAD HARISLAMONGANKeutamaan dan Keajaiban dziklr
KAMIS28Ust.Drs.MUHAMMAD   IN’AMGRESIKHartamu adalah ujian bagimu
J UM’AT29Ust.RIFKY JA’FAR THALIBMALANG  Spirit ramadhan membangun ukhuwah
SABTU30Ust. ISTIHSAN ARIF FUOHO’ILYJOGJASerba ·serbi i’tikaf
AHAD31Syekh Dr. MU RAD YAHYA ALIYAMANBerburu lailatul qodar
Sl;NIN1Ust. Drs. H. SUHADA’, M.SiPROBOLINGGOKejujuran adalah ketenangan
SELASA2Ust. MIQDAR QURANY, LcLAMONGANQonaah adalah sumber kebahagiaan
RABU3USL HAFIDZ MUSTOFA. Lc.GRESIKlndahnya berbagl dan menolong dalam lslam
KAMIS4Ust RAHMAN HADI, LcTUBANZakat pembersih harta penyuci jiwa
JUM’ATsUst.Ir.HARUN ASTAQI FMALANGMaksimalkan Ramadhan sampai akhir
SABTU6Ust. Ir. HARIS BANG UN SAM UDRASURABAYAAgar Ramadhan berbekas dalam diri
AHAD7Ust.ABDURRAHMAN DANI, LcJAKARTAPuasa danttesetratan
SENIN8Ust. H . ROFl’ MUNAWAR, LcLAMONGANMenjadi alumni terbaik ramadhan
SELASA9  Pentingnya silaturrahlm
masjid namira lamongan jadwal pengajian ramadhan

Siapa Pemilik Masjid Namira?

Pemiliknya adalah al-Ghany wal Mughny, Sang Maha Kaya sekaligus Sang Maha Pemberi Kekayaan. Tentu saja semua masjid adalah baitullah, rumah milik Gusti Allah. Manusia hanya membangunnya. Nah, yang membiayai pembangunan masjid ini adalah pasangan pengusaha toko emas, Helmy Riza dan Eny Yuli Arifah. Mereka adalah crazy rich asli Lamongan yang menggunakan kekayaannya dengan cara yang benar.

Alamat Masjid Namira

Jl. Raya Lamongan – Mantup, Jotosanur, Tikung, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. 

Telepon: 0822-5177-7777

Takmir masjid Namira terbilang sangat aktif di media sosial. Tak hanya memberi informasi seputar pengajian tapi juga menjawab pertanyaan jamaah di medsos.

WhatsApp Group: 082251777777

Telegram: t.me/MASJIDNAMIRA

YouTube: masjid namira

Instagram: @masjidnamira

Facebook: Masjid Namira

Twitter: @masjidnamira

Angkutan Umum ke Masjid Namira

Kalau kita membawa kendaraan pribadi, rute ke Masjid Namira sangat mudah. Lokasinya persis di sebelah selatan Kota Lamongan. Tinggal masuk saja ke Google Maps di sini. Tapi kalau kita naik angkutan umum, urusannya memang agak repot. Sebab di Lamongan belum ada angkutan umum yang andal. 

Kalau kita naik bus dari arah Surabaya atau arah Tuban, kita bisa turun di stasiun Lamongan, persis di seberang Lamongan Plaza. Di sini kita harus naik ojek ke arah Tikung sekitar 4 km sebab tidak ada mobil angkutan ke arah Namira. Kalau kita naik kereta api, tinggal turun saja di stasiun kereta api Lamongan lalu naik ojek.

Asal-Usul Masjid Namira

Nama Namira memang mirip dengan nama Masjid Namirah (pakai “h”) di Arafah, Arab Saudi. Tapi sebetulnya nama Namira di masjid Lamongan ini diambil dari nama salah satu anak dari pemilik yayasan yang membangun masjid ini. 

Masjid Namira Tikung ini memang desainnya sengaja dibuat mirip dengan masjid Namirah di Arafah. Hanya saja ukurannya lebih kecil. 

Tujuannya memang untuk menghadirkan suasana seperti di Arab Saudi. Supaya orang-orang setempat yang tidak bisa menunaikan haji atau umroh bisa punya pengalaman seperti pergi ke Tanah Suci. 

Tidak hanya kiswah dan desain masjid yang dibuat menyerupai masjid Arab, Namira juga sering menghadirkan imam shalat dari Timur Tengah, terutama pada bulan Ramadan. Mendengar bacaan al-Quran para syaikh Timur Tengah ini bisa menghadirkan suasana seperti shalat di Mekkah dan Madinah. 

Tulisan Kiswah Masjid Namira Lamongan

Bagian yang paling unik dari masjid Namira adalah adanya potongan kiswah alias kain penutup kakbah. Kiswah ini asli, tidak repilka. Ukurannya bahkan lebih besar daripada kiswah di masjid Istiqlal Jakarta. Tulisan Arab di kiswah Namira ini terbuat dari 120 kg benang emas dan 25 kg benang perak. Kiswah yang dipasang vertikal ini memiliki ukuran 6 m x 3,5 meter. 

masjid namira lamongan

Karena tulisannya berbentuk kaligrafi yang rapat, tidak semua orang bisa tulisan di kiswah tersebut. Sekadar buat menambah penasaran.

BarisSumberTulisan ArabTerjemahan
1aal-Baqarah 144قَدْ نَرٰى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِى السَّمَاۤءِۚ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضٰىهَاSungguh Kami sering melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. 
1bAli ‘Imran 133وَسَارِعُوٓا۟ إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا ٱلسَّمَٰوَٰتُ وَٱلْأَرْضُDan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi. 
1can-Nur 35ٱللَّهُ نُورُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِAllah cahaya langit dan bumi.
2 & 4al-Baqarah 255ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْAllah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya); Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.
3al-Fath 27لَّقَدْ صَدَقَ ٱللَّهُ رَسُولَهُ ٱلرُّءْيَا بِٱلْحَقِّ ۖ لَتَدْخُلُنَّ ٱلْمَسْجِدَ ٱلْحَرَامَ إِن شَآءَ ٱللَّهُ ءَامِنِينَSesungguhnya Allah akan membuktikan kepada Rasul-Nya, tentang kebenaran mimpinya dengan sebenarnya (yaitu) bahwa sesungguhnya kamu pasti akan memasuki Masjidil Haram, insya Allah dalam keadaan aman. 
5aal-Ikhlasقُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌٱللَّهُ ٱلصَّمَدُلَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْوَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢKatakanlah, dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan tempat bergantung segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula dilahirkan. Dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia.
5bal-Fath 29مُّحَمَّدٌ رَّسُولُ ٱللَّهِ ۚ وَٱلَّذِينَ مَعَهُۥٓ أَشِدَّآءُ عَلَى ٱلْكُفَّارِ رُحَمَآءُ بَيْنَهُمْ ۖ تَرَىٰهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًاMuhammad dialah utusan Allah. Dan orang-orang yang bersamanya tegas terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud. 
6Dzikir harianلا إله إلا الله الملك الحق المبين محمد رسول الله صادق الوعد الأمينTiada Tuhan selain Allah Yang Maha Raja, Maha Benar, Maha Penerang. Nabi Muhammad utusan Allah, yang benar, menepati janji, dan terpercaya.
7 & 8Quraisyلِإِيلَٰفِ قُرَيْشٍإِۦلَٰفِهِمْ رِحْلَةَ ٱلشِّتَآءِ وَٱلصَّيْفِفَلْيَعْبُدُوا۟ رَبَّ هَٰذَا ٱلْبَيْتِٱلَّذِىٓ أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَءَامَنَهُم مِّنْ خَوْفٍۭKarena kebiasaan orang-orang Quraisy. Yaitu kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas. Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka’bah). Yang memberi mereka makan kala kelaparan dan memberi rasa aman kala takut.
9al-Fatihah 5اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗKepada-Mu aku menyembah, dan kepadamu aku minta pertolongan.

Wisata Dekat Masjid Namira Lamongan

Sayangnya, di dekat Masjid Namira tidak ada tempat wisata besar. Yang ada hanya tempat jalan-jalan seperti Alun-Alun Lamongan dan Taman Telaga Bandung Lamongan

Wisata besar terdekat ke Masjid Namira Lamongan ada di kecamatan Sugio, yaitu Waduk Gondang, Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO), dan Gondang Park. Jaraknya sekitar 20 km dari Namira, dengan waktu tempuh 45 menit dengan kendaraan pribadi, ke arah barat daya.

Hotel dan Penginapan Dekat Masjid Namira Lamongan

  1. Hotel Syariah Lamongan

Jl. Raya Mantup No. 43, Kucur, Sidomukti, Lamongan. Telepon (0322) 312882. Google Maps di sini. 

  1. OYO 3434 Penginapan Keluarga Syariah

Jl. Merpati No.61, Krajan, Banjarmendalan, Lamongan. Telepon (021) 29707601

  1. OYO 3706 Griya Tentrem Syariah

Jl. Veteran No.150, Tlogoanyar, Lamongan. Telepon (021) 29707601. 

  1. Homestay Bougenville

Jalan Sumargo, Gg. Bougenville No.26, Tlogoanyar, Lamongan. Telp 0813-5860-7784.

  1. Hotel Grand Mahkota

Jl. Sunan Drajat No.24, Kauman, Sidoharjo, Lamongan. Telepon: (0322) 321060

  1. Hotel Elresas

Jl. KH. Ahmad Dahlan No.24, Kauman, Sidoharjo, Lamongan. Telepon (0322) 322777

Jadwal Kajian Masjid Namira

Jadwal kajian diinformasikan secara detail di media sosial Masjid Namira. Silakan ikuti media sosialnya seperti yang tertera di atas.

Akad Nikah di Masjid Namira

Untuk lebih jelasnya, silakan hubungi takmir masjid di nomor di atas. 

Masjid Namira Lamongan Wahabi?

Tentu saja tidak. Dari semua pertanyaan di internet mengenai Masjid Namira, ini adalah pertanyaan yang paling gokil. Pertanyaan ini adalah potret masyarakat kita yang beragama dengan penuh prasangka kepada saudaranya sesama muslim. 

Kecurigaan ini tampaknya berdasarkan para penceramah yang diundang ke masjid ini. Sekadar menyebut beberapa di antaranya: Ustad Abdul Somad, Firanda Andirja, Syafiq Riza Basalamah, Rofi’ Munawar, Fadlan Fahamsyah, Farid Dhofir, Muhammad Sholeh Drehem. 

Ini sebetulnya mudah dipahami. Yang membiayai pembangunan masjid ini adalah pengusaha Muhammadiyah. Maka ustad-ustad yang diundang ke sini juga yang berafiliasi ke Muhammadiyah. Salah satu contoh, bulan Ramadan tahun ini Namira mengundang penceramah Prof. Dr. Zainuddin Maliki, M.Si. Dia adalah anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional.

Rofi’ Munawar adalah salah satu perintis Partai Keadilan (Sejahtera) yang sekarang memilih Partai Gelora. Muhammad Sholeh Drehem adalah ustad para aktivis dakwah kampus yang merintis PK(S). Syafiq Riza Basalamah adalah ustad salafi, anggota dewan fatwa Al-Irsyad.

Dari afiliasi organisasi para penceramah ini memang kita bisa melihat kecenderungan kajian Masjid Namira. Tapi menuduhnya wahabi… itu sungguh keterlaluan. Mungkin yang punya prasangka ini hidupnya kurang santai.

Sebetulnya ada label yang lebih akrab dan sudah biasa kita gunakan sehari-hari. Masjid Namira adalah “masjid Muhammadiyah”. Walaupun label seperti ini juga tidak perlu, setidaknya lebih bersahabat daripada label masjid Wahabi.

masjid namira lamongan

Wisata Kuliner Dekat Masjid Namira

Kalau kita ingin mencoba makanan khas Lamongan, pilihannya ada dua:

  1. Sego boran. Banyak dijual dekat alun-alun dan stasiun kereta api.  
  2. Soto ayam Lamongan
  • Depot Asih Jaya

Kompleks Pertokoan Lamongan Indah A-4

Jalan Panglima Sudirman nomor 75.

  • Warung Soto Cak Mardi

Sebelah timur Perempatan yang mempertemukan Jalan Suwoko dan Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan. 50 meter sebelah selatan kantor Dinas Pendidikan Lamongan.

Beasiswa Masjid Namira

Sekarang yayasan yang mengelola masjid Namira ini juga melebarkan amalnya dengan memberikan beasiswa tahfid al-Quran.

masjid namira lamongan
masjid namira lamongan
masjid namira lamongan

Foto Masjid Namira: dioprasta/ 

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Leave a Reply