6 Oleh-Oleh Khas Lamongan Kategori Kerajinan Tangan

Uncategorized

Kami sudah menulis tentang oleh-oleh khas Lamongan kategori makanan berdasarkan wilayah. Selengkapnya bisa dibaca di tulisan berikut:

Bagaimana dengan oleh-oleh khas Lamongan kategori kerajinan tangan? Berikut pilihannya. Ada yang bisa dibeli langsung tanpa pesan. Ada juga yang sebaiknya pesan dulu.

1. Batik Sendang, Paciran

Walaupun tidak terkenal sebagai produsen batik, Lamongan punya sentra batik tulis tangan yang umurnya sudah sangat tua, yaitu Batik Sendang, di Kecamatan Paciran. Lokasinya dekat dengan Wisata Bahari Lamongan, Maharani Zoo, dan kafe yang sekarang sedang ngehit, yaitu Tebing Cafe

oleh-oleh khas lamongan

Di Sendang ada beberapa rumah produksi batik. Koleksinya bisa diintip di Instagram mereka:

@batik.lamongan/ 

@batiktulisafiqjayasendangduwur/ 

@batiklamongan/ 

@digdoyobatiklamongan/ 

oleh-oleh khas lamongan
oleh-oleh khas lamongan

2. Batik Mbah Guru Jugo, Sekaran

Sentra batik tulis di Lamongan yang terkenal memang ada di Desa Sendang Dhuwur Paciran. Tapi di luar Sendang sebetulnya juga ada perajin batik, salah satunya yang layak direkomendasikan adalah Batik Mbah Guru. Kami sudah pernah menulis di sini. Ini adalah batik Lamongan generasi baru. Diproduksi oleh seniman-seniman muda Lamongan. 

oleh-oleh khas lamongan

Lokasinya ada di Desa Jugo, Kecamatan Sekaran. Lumayan jauh dari sentra wisata. Tidak untuk pembelian langsung melainkan pembelian online. Desainnya bisa dipesan ala limited edition sesuai selera. Desainer batik eksperimental ini adalah seniman sekaligus akademisi seni, jadi mutunya tidak perlu diragukan lagi. Koleksinya bisa dilihat di Instagram mereka: @sanggarmbahguru

3. Batik Seodjono Sugio

Mirip dengan batik Jugo, batik Sugio ini juga umurnya masih muda, kategorinya custom-kontemporer. Didesain oleh seniman muda Lamongan yang memang sarjana seni. Pembeli bisa memesan desain sesuai selera.  

oleh-oleh khas lamongan

Sugio juga jauh dari Wisata Bahari Lamongan. Jadi lebih cocok untuk pembelian online. Di Sugio memang ada wisata Waduk Gondang. Tapi wisatawan dari luar Lamongan lebih banyak berkunjung ke wilayah pesisir untuk mengunjungi Wisata Bahari Lamongan dan Maharani.

Koleksi batik Sugio bisa dilihat di Instagramnya: @batiktulis_soedjono

4. Kain Tenun Ikat Parengan (oleh-oleh khas Lamongan yang kami rekomendasikan)

Kain tenun ikat dibuat dengan alat tenun tradisional. Kainnya adem. Ini kelebihan utama kain tenun Parengan. Soal mutu tidak perlu diragukan lagi karena kain tenun ini sudah dijual ke mana-mana, sampai ke luar negeri. 

oleh-oleh khas lamongan

Motifnya tidak begitu rumit. Kualitas utama kain tenun tradisional ini terletak pada jenis kainnya, bukan pada motifnya. Jadi kita bisa membeli langsung tanpa perlu pesan lebih dulu. Berbeda dengan batik tulis yang mengutamakan motif dan biasanya rumit.

Batik tulis memang bisa juga dibeli langsung di tempat, tanpa pesan lebih dulu, kalau memang ada yang motifnya sesuai selera. Tapi karena batik tulis Lamongan produksinya tidak begitu banyak, mungkin saja motif yang tersedia kurang sesuai selera. Jadi pembeli akan lebih puas kalau motifnya dipesan lebih dulu. 

Koleksi kain tenun Lamongan bisa dilihat di Instagram: @paradila.id/ 

5. Perhiasan emas perak Sendang

Di Paciran ada dua Desa Sendang: Sendang Dhuwur dan Sendang Agung. Dua desa ini sama-sama desa wisata yang merupakan sentra batik tulis dan kerajinan emas perak. Sekali kunjung kita bisa memperoleh dua jenis oleh-oleh khas Lamongan. 

Batik tulis dan kerajinan emas-perak ini merupakan tradisi peninggalan era Sunan Drajat dan Sunan Sendang Dhuwur. Kalau kita berkunjung ke Sendang, kita juga bisa menikmati peninggalan bersejarah, yakni Masjid Sendang Dhuwur yang usianya sudah beberapa abad dan masih terawat dengan baik sampai hari ini.

Foto: humassendangagung/  

6. Tas R&D

Tas home-made ini dibuat dari bahan-bahan alami seperti eceng gondok, daun pandan, dan tempurung kelapa. Lokasi toko ada di Jl. Sunan Kalijaga 120, Lamongan Kota. Cocok buat oleh-oleh jika kita hanya berkunjung ke Lamongan tengah, tidak ke Wisata Bahari Lamongan di Paciran. 

oleh-oleh khas lamongan

Tak hanya tas, R&D Handicraft juga menyediakan sepatu dan sandal, yang juga sama-sama unik, misalnya berbahan goni. Tidak seperti sepatu dan sandal yang biasa dijual di toko. Koleksinya bisa diintip di Instagram: @yoiku.official/ 

lamonganpos
Author: lamonganpos

Redaksi LamonganPos

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Leave a Reply