10 Pantai di Lamongan yang Instagrammable

WISATA

Selama ini pantai di Lamongan yang paling terkenal mungkin hanya Tanjung Kodok di Paciran dan Pantai Kutang di Labuhan, Kecamatan Brondong. Padahal sebetulnya hampir di semua desa di sepanjang pesisir Lamongan ada pantai yang bisa dikunjungi wisatawan. Mari kita lihat satu-satu mulai dari wilayah barat. 

Pantai-pantai di Lamongan memang tidak semulus pantai-pantai di Tuban atau Pantai Delegan Gresik. Sebab pantai di Lamongan aslinya adalah bekas kawasan hutan bakau.

Ada yang masuknya gratis. Hanya bayar parkir. Ada juga yang tiket masuknnya Rp 5.000.

Semua pantai di Lamongan ombaknya kecil. Tidak seperti pantai-pantai selatan Jawa yang ombaknya besar-besar. Ombak Pantura paling besar biasanya hanya berlangsung di awal musim hujan. Kalau ombaknya besar, biasanya pantai ditutup untuk wisatawan.

1. Pantai Joko Mursodo, Lohgung, Kecamatan Brondong

Google Maps klik di sini. Kelemahan utama pantai ini adalah lokasinya yang cukup jauh dari Jalan Raya Deandels. Tidak ada angkutan umum. Harus pakai kendaraan pribadi.

Di sini siang hari cuacanya cukup panas. Jangan lupa bawa topi, kacamata hitam, dan tabir surya.

Pantai Joko Mursodo berpasir lembut yang bercampur dengan karang. Tipikal bekas hutan bakau. Di sepanjang pantai kita masih bisa melihat bongkot-bongkot bakau. Sayang sekali, pantai ini harusnya bisa lebih indah andai saja hutan bakaunya dilebatkan kembali.

Jika Anda ingin mencicipi sajian kuliner paling khas di daerah ini, Anda bisa mencoba rujak engos-engos. Engos-engos adalah rumput laut yang dipanen dari tambak-tambak di sekitar pantai. Ini sajian khas yang tidak ada duanya di tempat lain. Bahkan di Lamongan pun sulit dijumpai. Tempatnya di Dusun Ganting, Desa Lohgung. Lokasinya silakan ditanyakan ke penduduk setempat.

Instagram: jokomursodobeach/

pantai joko mursodo lamongan
Foto: Aji Rusanto
pantai di lamongan
Foto: m_ilmiyah/

Foto: hrlaksana

2. Pantai Kutang, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong

Di sebelah timur Pantai Joko Mursodo, sekitar 5 km, ada Pantai Kutang, di Desa Labuhan, masih di Kecamatan Brondong. Pantai ini lebih dulu terkenal gara-gara namanya yang provokatif. Dibandingkan Pantai Joko Mursodo, Pantai Kutang lebih indah, lebih tertata karena memang lebih dulu dikelola sebagai tempat wisata. Garis pantainya lebih panjang, hamparan pasirnya lebih luas. Lebih enak buat anak-anak untuk bermain air.

Foto: wisatapantaikutang/
Foto: coemamdini/

3. Pelabuhan Nasional Brondong

Ini sebebetulnya bukan pantai alami melainkan pelabuhan hasil reklamasi. Meski begitu, tempat ini bisa dikunjungi wisatawan. Di sini kita bisa melihat perahu-perahu nelayan yang sedang ditambatkan. Ini adalah objek foto paling menarik dan membedakannya dengan pantai-pantai lainnya.

pelabuhan di lamongan

Di sebelah timur pelabuhan ini kita bisa mengunjungi Monumen Van der Wijck. Kalau lapar, kita bisa makan di Warung Mak Yah, lokasinya persis di seberang pintu masuk pelabuhan. Di warung ini kita bisa menikmati hidangan aneka ikan laut secara prasmanan dengan harga yang bersahabat.

4. Pantai Kandang Semangkon, Paciran

Pantainya sempit karena memang aslinya bukan tempat wisata. Hanya kebetulan di sini ada satu spot foto favorit para selebgram lokal, dengan latar belakang bakau dan perahu kandas. Lokasi pantai ini ada di sebelah barat Kafe Aola. Ini bukan tempat bermain, hanya untuk berfoto satu jepretan.

Foto: kholifatul ummah

5. Pantai Kafe Aola, Paciran

Lokasinya ada di Desa Kandang Semangkon, Paciran. Pantai di kafe ini berpasir lembut. Cocok buat tempat anak-anak bermain. Garis pantainya hanya 20 meter karena memang ini hanya bagian tepi dari Kafe Aola.

Tak hanya pantai, di sini juga ada wahana bermain lain seperti bianglala. Karena pantai ini ada di kawasan kafe, kita harus masuk kafe untuk bisa menikmatinya. Tapi tenang saja, harga menunya terjangkau. Selengkapnya tentang kafe Aola bisa dibaca di sini.

6. Pantai Lorena, Paciran

Nama “Lorena” adalah singkatan dari Lore Nanjan, yang artinya sebelah utara Desa Penanjan. Ini pantai umum, masuknya tidak dipungut biaya. Tapi pantainya bukan pantai berpasir melainkan berbatu. Lantai pantai adalah batu karang yang licin. Jika air laut sedang surut, kita bisa turun ke pantai tapi harus hati-hati. Lokasi pantai ini persis di sebelah barat Wisata Bahari Lamongan. ‘

Pantai berada persis di pinggir Jalan Raya Deandels. Tanpa direncanakan pun kita akan melewati pantai ini jika melewati Paciran, misalnya ke WBL, Maharani, atau Aola. Pantainya memang tidak begitu indah tapi eksotik karena berlantai karang dan terbuka. Cocok buat fotografi senja. Jangan lupa, kalau lewat Paciran, untuk mampir di Rujak Mak Tas, rujak legendaris Pantura. Kalau lapar, kita bisa mampir di Taman Kuliner Paciran yang letaknya hanya beberapa puluh meter dari Pantai Lorena.

Foto: fendy_lavigne/

7. Pantai Tanjung Kodok

Ini pantai yang sudah kondang. Sayangnya, pantai ini sekarang milik Wisata Bahari Lamongan (WBL). Untuk menikmatinya, kita harus masuk ke WBL dengan tiket yang lumayan mahal. Kelebihannya tentu saja ada banyak wahana permainan air di sini. Kita bisa naik perahu atau sepeda air. Tidak cuma mencelupkan kaki di pantai.

Di sini kita juga bisa melihat batu tanjung berbentuk kodok yang menjadi asal-usul nama tempat ini. Tempat wisata ini memiliki banyak sekali wahana permainan. Cocok buat liburan lebaran atau libur sekolah. Kalau ke sini jangan lupa membawa ganti baju karena cuaca di sini panas dan hampir pasti baju kita basah karena kena air.

8. Pantai Tunggul, Paciran

Pantai Tunggul ada di sebelah timur WBL. Belum terkenal. Bukan tempat bermain. Baru dalam proses dikembangkan menjadi tempat wisata. Sekarang baru ada satu spot foto. Bolehlah kalau dikunjungi, sekadar mampir sebentar untuk satu dua jepretan.

Foto: very_oi/

9. Pantai Maldives (Kempala) Kemantren, Paciran

Namanya agak mengagetkan: Maldives. Ini adalah mimpi agar Pantai di Desa Kemantren ini bisa seindah dan seterkenal wisata Maladewa. Lokasi pantai ini dekat dengan situs wisata religi, Masjid al-Abror dan makam yang dipercaya sebagai makam Maulana Ishak (ayah Sunan Giri). Sekali jalan bisa mengunjungi dua tempat wisata sekaligus.

Lokasi pantai juga tidak begitu jauh dari Jalan Raya Deandels. Hanya beberapa ratus meter. Jalannya juga cukup lebar buat kendaraan besar karena memang makam Maulana Ishak adalah tempat wisata religi yang banyak dikunjungi peziarah dengan bus-bus besar.

Foto: khurotaayun_0976/
Foto: mbahkakung_ig/

10. Pantai Putri Klayar, Sidokelar, Paciran (Pantai di Lamongan yang Paling Alami)

Pantai ini sebetulnya sangat potensial dikembangkan menjadi tempat wisata setara Pantai Delegan Gresik. Lokasinya memang tidak jauh dari Delegan. Pasirnya juga lembut mirip Delegan. Pantainya landai, ombaknya kecil, garis pantainya juga panjang. Sayang, pantai ini belum dikelola dengan baik. Jika saja dikelola sebagai tempat wisata, Putri Klayar bisa saja menjadi pantai di Lamongan nomor satu.

lamonganpos
Author: lamonganpos

Redaksi LamonganPos

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

2 comments

Leave a Reply