CARA BELANJA DI TOKOPEDIA KHUSUS DI TOKO WILAYAH LAMONGAN

TIPS

Saat kita berbelanja di Tokopedia, kita biasanya tidak peduli di mana lokasi tokonya. Entah di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Semarang, atau Surabaya. Yang penting ongkirnya masih terjangkau. Apalagi jika ada vuocher bebas ongkir.

Sebetulnya kegiatan belanja yang lebih bersahabat buat lingkungan adalah belanja di tempat terdekat. Sebab transportasinya minimal. Tidak banyak bensin yang terbuang hanya untuk mengantarkan belanjaan kita. 

Kalau kita masuk di aplikasi Tokopedia, lalu kita mencari suatu barang, maka secara default Tokopedia akan merekomendasikan toko yang ratingnya tinggi, atau yang pasang iklan, atau yang algoritmanya sesuai, tak peduli lokasinya di mana. Tapi kita sebagai pembeli sebetulnya bisa memilih membatasi lokasi toko, misalnya khusus toko di wilayah Lamongan. 

Selain ongkirnya lebih murah, dan pengiriman lebih cepat, ini juga bisa menghidupkan ekonomi UMKM Lamongan. Toh kualitas barang di toko Lamongan secara umum sebetulnya sama saja dengan toko di kota lain. Kalau cuma soal spesiffikasi, kita bisa mengeceknya di internet. 

Saya pernah membuktikan sendiri ampuhnya filter kota ini ketika membeli STB (mesin televisi Android). Tanpa filter kota, maka hasil pencariannya didominasi oleh toko-toko di Jabodetabek. Begitu saya masukkan filter Kabupaten Lamongan, ada salah satu toko yang ternyata tetangga desa. 

Selama ini saya tidak pernah tahu karena rumahnya ada di dalam gang dan tidak ada papan nama atau tanda-tanda toko. Penjual memang sepenuhnya berjualan online. Harganya sama saja dengan toko-toko di Jabodetabek. 

Enaknya, saya bisa melihat semua varian STB yang ia jual. Penjual bahkan langsung memasangkannya di rumah saya. Sehingga saya tidak perlu repot mengatur settingnya.  

STB Android termasuk barang yang agak repot pengaturan settingnya. Lebih sulit daripada hape. Seandainya saya membeli barang dari Jakarta, saya sudah pasti akan kerepotan mengatur Play Store-nya. Tapi karena saya membeli barang dari tetangga sendiri, saya tahu beres.

Cara memasang filter Kabupaten Lamongan:

  1. Ketik pencarian barang seperti biasa, misalnya SEPATU ANAK ANDO
  2. Setelah hasil pencarian muncul, klik FILTER
  3. Scroll ke LOKASI lalu klik LIHAT SEMUA
  4. Ketikkan LAMONGAN di kolom lalu klik SIMPAN 
  5. Maka hasil pencarian akan dibatasi hanya toko di Lamongan.
  6. Cara ini juga bisa kita terapkan di Shopee dengan sedikit perbedaan tombol.
Silakan bagikan, klik ikon di bawah

3 comments

Leave a Reply