Penjual Madu Murni di Lamongan

ANEKA, DIREKTORI

Di pasar ada banyak sekali merek madu. Semua tentu diklaim sebagai madu murni. Sebagai konsumen, kita mungkin bingung, apakah madu yang kita beli itu murni atau tidak.

Ada berbagai tips untuk membedakan madu murni dan tidak murni. Tapi dalam prakteknya, tips-tips itu sulit dijadikan pedoman.

  1. Madu murni tidak dirubung semut.

Faktanya, semut merubung semua yang manis. Bahkan kandang lebah madu pun kadang dirubung semut. Memang ada sebagian madu yang tidak dirubung semut. Tapi itu tidak berarti madu yang dirubung semut itu palsu. Kenapa ada yang dirubung, dan kenapa ada yang tidak dirubung? Faktornya banyak, misalnya kelembapan dan bau.

Sama halnya ada gula yang dirubung semut, ada juga gula yang tidak dirubung semut, misalnya gula kristal yang putih bersih.

2. Madu murni tidak membeku di dalam kulkas.

Padahal madu asli dengan kadar air tertentu dapat mengkristal dan membeku di dalam kulkas. Memang ada madu yang tidak mengkristal dan tidak membeku di kulkas. Ini dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama kadar air dan rasio antara fruktosa dan glukosa.

Jika madu itu mengandung banyak glukosa, sedikit fruktosa, dan sedikit air, maka kemungkinan makin besar madu itu mengkristal dan membeku. Tapi itu tidak berarti bahwa madu yang mengkristal dan membeku di dalam kulkas itu palsu.

3. Madu encer pasti palsu.

Padahal kebanyakan madu produksi Indonesia kebanyakan mengandung kadar air cukup tinggi, di atas 20% sehingga teksturnya cenderung encer. Memang ada madu dengan kadar air rendah sehingga teksturnya kental. Tapi itu tidak berarti madu yang encer itu palsu. Apalagi lebah mengonsumsi cairan secara liar. Jumlah konsumsi cairan juga tentu dipengaruhi oleh cuaca.

4. Jika pentil korek tidak menyala setelah dicelupkan ke madu, berarti madu itu palsu.

Lagi-lagi, madu yang kadar airnya tinggi memang akan menyebabkan pentil korek melempem. Jadi, trik ini pun tidak bisa dijadikan pedoman.

Lha terus gimana dong cara tahu madu itu asli atau tidak.

Ini memang sulit sekali. Tapi kita bisa menilai dari reputasi produsennya.

Keunggulan madu asli adalah khasiatnya. Kalau kita minum satu dua botol madu dan tidak terasa khasiat apa-apa, mungkin kita harus mencoba madu lain yang memang benar-benar berkhasiat.

Khasiat madu dipengaruhi oleh banyak faktor:

  1. Jenis bunga yang nektarnya diisap lebah

Madu yang paling bagus berasal dari hutan liar. Di sana, lebah mengisap aneka jenis nektar dari aneka jenis pohon. Kelemahannya, produksi madu ini tidak banyak karena mencarinya sulit.

Sebagian besar madu di pasaran berasal dari peternakan. Ada yang berasal dari bunga randu, bunga kelengkeng, bunga akasia, bunga mahoni, dll. Semua madu ini madu asli.

Namun, ada juga peternakan madu yang bunganya disemprot air gula sehingga produksi madunya meningkat. Ini juga madu karena memang keluar dari perut lebah. Tapi tentu saja khasiatnya sebagai madu asli akan banyak berkurang karena yang diisap lebah bukan hanya cairan nektar bunga tapi juga air gula.

2. Proses pengolahan

Madu terbaik adalah madu segar yang tidak menjalani aneka proses. Langsung dikonsumsi. Tapi madu jenis ini masa simpannya singkat. Sebab madu bisa mengalami fermentasi menghasilkan gas dan asam. Itu sebabnya madu segar yang dikemas botol tertutup rapat bisa sampai meletus.

Sebagian besar madu di pasaran sudah menjalani proses untuk memperbaiki kualitasnya. Misalnya dipanaskan untuk mengurangi kadar airnya. Proses ini memang akan memperbaiki tekstur dan memperpanjang masa simpan, tapi bisa merusak sebagian zat gizinya.

Walaupun sudah diproses seperti ini, madu tersebut tetap madu asli, bukan oplosan.

Daftar di bawah ini masih rintisan. Hanya berdasarkan daftar teman LamonganPos di media sosial. Jika Anda punya informasi untuk melengkapi daftar ini, silakan sampai ke email redaksi@lamonganpo.com atau DM media sosial kami.

  1. Madukarta Lamongan


Instagram @madukarta_lamongan

Website: ahmadfaridmahrus.com

WA 085731525017

Google Maps klik di sini

2. Madu Alfarabee

Instagram: madualfarabe/

WA: 081232237227

3. Madu Al Fawwaz

Instagram: madu.al_fawwaz/

4. Madu Odeng Baduy

Instagram: maduodengbaduylamongan/

WA: 085796018277 / 085606807228

5. Madu Almumtaaz

Instagram: madu_almumtaaz/

6. Sarang Madu Pantura Brondong

Instagram : madupantura/

7. Rumah Madu Hutan

Instagram: rumah_madu_hutan/

WA: 0821 4236 6116

8. Madu Pasar Pucuk

Instagram: juraganmadu.lamongan/

WA: 081615017553

9. Madu Abdan Sugihan

Instagram: abdan_madu_sugihan_lamongan/

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Leave a Reply