Update Info Vaksinasi Lamongan, Agustus 2021

BERITA

Penulis: Ainun Faridah, lulusan D3 Fisioterapi Unair

Selama bulan Juli kemarin, Dinkes Lamongan mengadakan vaksinasi rutin tiap Selasa dan Kamis. Banyak pembaca LamonganPos yang mendaftarkan diri lewat nomor WA Dinkes. Sayangnya kuota sudah habis karena saking banyaknya peminat.  

Sebagian pembaca juga sudah mendaftar lewat situs Pedulilindungi.id/ Namun, tiket vaksinasi yang didapat dari situs ini juga masih zonk. Sebab tiket ini memang ditujukan untuk dibawa ke Puskesmas, sementara stok vaksin di Puskesmas kosong.

Terus gimana dong?

Kabar baiknya, minggu kedua bulan Agustus ini sebagian puskesmas, kelurahan, dan lembaga lain sudah mulai melakukan program vaksinasi.

Di kelurahan Brondong, misalnya, pendaftaran dibuka antara tanggal 5-15 Agustus. Untuk menarik minat pendaftar, kelurahan bahkan menyediakan imbalan beras 5 kg dan undian dengan hadiah kipas angin, televisi, dan kulkas. Matoh tenan. Jadwal vaksinasi di tiap desa bisa ditanyakan langsung ke lurah setempat.

Ikatan Alumni Unair juga mengadakan vaksinasi di kecamatan Brondong, Paciran, Maduran, Sekaran, Karanggeneng, Ngimbang, Bluluk. Untuk detailnya silakan zoom in gambar di bawah.

Kalau kita sudah mendaftar online, tiket dari situs Pedulilindungi.id/ tetap perlu disimpan dan ditunjukkan saat daftar langsung di tempat. Untuk pastinya, bisa ditanyakan langsung ke puskesmas. Nomor WA Puskesmas se-Kabupaten Lamongan bisa dilihat di sini.

Walaupun vaksinasi kedua jadwalnya terlambat, ini tidak berpengaruh terhadap kemanjuran vaksin. Kalau kita sudah dapat vaksin dosis pertama, kita sudah bisa mencetak sertifikat vaksinasi di situs Pedulilindungi.id/

Cara Mencetak Sertifikat Vaksin Pertama:

  • Kunjungi situs Pedulilindungi.id
  • Login dengan nomor HP yang ANDA DAFTARKAN KE PETUGAS SAAT REGISTRASI VAKSIN
  • Tunggu kode OTP masuk ke nomor HP, lalu masukkan kode itu ke kolom OTP
  • Setelah berhasil login, klik kolom nama Anda yang terletak di pojok kanan atas 
  • Pilih menu “Sertifikat Vaksin”. Nanti akan  muncul tampilan sertifikat vaksin pertama 
  • Unduh sertifikat lalu bawa ke tukang cetak 
  • Sertifikat vaksin pertama ini sudah bisa digunakan untuk persyaratan administrasi

Ainun Faridah
Author: Ainun Faridah

Lulusan D3 Fisioterapi Universitas Arilangga

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Bagikan pendapat Anda di sini