Menjaga Badan Sehat Selama Pandemi

OPINI

Wabah Covid 21 semakin menggila. Rumah sakit di Lamongan penuh

Dalam keadaan seperti sekarang, usahakan sebisa mungkin jangan sampai ke rumah sakit. Rumah sakit adalah tempat penularan Covid paling tinggi. 

Mari jaga kesehatan.

  1. Cukup istirahat

Orang sekarang cenderung kurang tidur. Entah sibuk bekerja atau main hape sampai malam. 

Tidur yang cukup 7-8 jam sehari. Tidur sangat penting karena saat itulah sel-sel yang rusak diperbaiki. 

Kalau kerja kita terlalu ngoyo sampai kurang istirahat, mungkin sudah waktunya kita mengatur ulang prioritas hidup kita. Percuma punya banyak uang kalau terkapar sakit.

  1. Perbaiki gizi

Kurangi makan gorengan. Perbanyak makan aneka sayur dan buah. Tak perlu buah yang mahal. Cukup jambu biji, jambu air, jeruk, pepaya, semangka, sawo, nanas, kedondong, bahkan buah keres/kersen/talok/boleci sekalipun. Sungguh. 

Kita tidak tahu zat gizi apa saja di dalam buah keres. Yang pasti buah ini mengandung gizi yang sama dengan buah-buah lain. 

Makan aneka ikan. Minum susu. Semua susu menyehatkan, tak cuma Bear Brand

  1. Olahraga ringan

Tak perlu olahraga sampai terengah-engah. Cukup 30 menit bersepeda santai atau berjalan kaki di pagi hari. Pilih lokasi yang sepi. 

  1. Jika perlu, minum suplemen multivitamin

Tak perlu suplemen yang mahal. Bahkan vitamin IPI atau Caviplex yang murah pun sangat bermanfaat. 

Tak perlu vitamin dosis tinggi. Sebab wabah ini mungkin masih akan berlangsung lama. Vitamin dosis tinggi hanya untuk pemakaian sesekali. 

Kalau kita sudah cukup mendapat vitamin dari makanan, sebetulnya kita tak perlu minum suplemen. Buah lebih bagus daripada suplemen. Sebab buah tak hanya memberi vitamin tapi juga serat dan aneka antioksidan. 

  1. Minum jamu

Tak perlu jamu yang pahit. Cukup jamu yang enak seperti beras kencur, sinom, wedang rempah, wedang jahe, wedang empon-empon, dan sebagainya. 

Atau, kalau mau yang ringkas, minum kapsul ekstrak habbatus sauda, atau temulawak, kunyit, dan sejenisnya. 

  1. Jangan lupa, gunakan masker yang rapat. Kalau bertemu orang, gunakan masker dobel. Pakai masker jauh lebih penting daripada minum suplemen ini dan itu.
  1. Tetap tenang dan bertawakal. Kesehatan berawal dari pikiran. Perasaan cemas dan panik justru membuat kita mudah sakit. Yang penting kita sudah berikhtiar sebisa mungkin. Selebihnya, itu adalah kehendak yang Maha Berkehendak.
Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Bagikan pendapat Anda di sini