Penjual Susu Murni Segar Pengganti Bear Brand di Lamongan

ANEKA, DIREKTORI

Sejak Covid 21 melanda, susu Bear Brand produksi Nestle laris manis tanjung kimpul sampai banyak toko kehabisan stok. Sebetulnya ini lebay. Bahan baku susu Bear Brand adalah susu sapi biasa. Bukan susu yang sudah “disuwuk”. Sapinya juga sapi perah biasa. Hanya saja Nestle memang terkenal menerapkan standar yang tinggi kepada para peternak yang menjadi mitra mereka.

Agar tidak mudah latah ikut-ikutan berburu Beruang, kita perlu tahu jeroan aneka susu: 

  1. SUSU UHT

Kelebihan Bear Brand adalah ia susu utuh yang steril. Diproses dengan UHT, ultra high temperature, dalam tempo cepat untuk membunuh bakteri patogen.

Kelebihan cara ini adalah masih bisa mempertahankan sebagian besar gizi susu. Karena itu Bear Brand memang tergolong minuman bergizi. Bisa menjaga daya tubuh. Dan daya tahan tubuh yang yang baik memang diperlukan untuk menangkal aneka penyakit.

  1. SUSU PASTEURISASI

Bear Brand memang bergizi tapi sebetulnya sama saja dengan susu utuh lainnya. Bahkan ia masih kalah dari susu segar pasteurisasi dari peternakan langsung. 

Bear Brand yang hari ini kita minum adalah susu yang diperah berbulan-bulan yang lalu. Sementara susu segar yang kita minum hari ini adalah susu yang baru diperah kemarin atau beberapa hari lalu.

Pada pasteurisasi, susu dipanaskan dengan suhu rendah agak lama. Tujuannya untuk membunuh bakteri patogen dan mempertahankan zat gizinya. Kelemahannya adalah kita tidak tahu standar produksi di peternakannya, apakah sapinya sehat semua, apakah susu dicampur dengan bahan lain, dsb.

Di Lamongan, peternakan sapi perah memang masih sangat sulit dijumpai. Sebagian besar susu pasteurisasi berasal dari peternakan di luar Lamongan. Harusnya wabah Covid ini menjadi momentum untuk mengembangkan peternakan sapi perah di sini. Keuntungannya ganda: masyarakat sehat, peternak sejahtera.

Susu Sapi Murni Kemantren, Paciran, Pantura

Kemasan 1,5 liter hanya Rp 20.000. WA 082214322231.

Susu Segar Glagah

Kemasan 1 liter Rp 17.000, hubungi Rofaatul Ummah WA 085731488992

  1. SUSU KAMBING

Susu kambing gizinya mirip dengan susu sapi tapi lebih padat sebab pakan kambing pada umumnya lebih bergizi daripada pakan sapi. Di Lamongan, sudah mulai ada beberapa peternak kambing perah yang juga menjual susu utuh, salah satunya di Plosowahyu, Lamongan Kota. Bisa ditiru dan dikembangkan di desa-desa lain. Secara teknis, peternakan kambing perah lebih mudah dikembangkan daripada sapi perah.  

  1. SUSU BUBUK

Kekurangan dari susu bubuk adalah sudah menjalani berbagai macam proses pengolahan. Proses-proses ini menghilangkan sebagian zat gizinya. Susu sapi bubuk buatan pabrik besar biasanya ditambah vitamin sintesis dari luar. Jadi, vitaminnya memang lebih banyak tapi itu bukan vitamin asli bawaan susu.

Adapun susu bubuk dari kambing kebanyakan masih skala produksi rumahan. Belum banyak mendapat tambahan aneka bahan. Tapi bagaiamanapun juga, susu segar utuh tetap lebih baik

Pusat Susu Kambing Etawa

Daftar di atas disusun berdasarkan daftar teman LamonganPos di media sosial. Jika Anda punya informasi untuk melengkapi daftar ini, silakan follow dan DM kami di medsos.

Yang jangan sampai dilupakan adalah bahwa memakai masker ganda dan menjauhi kerumunan itu jauh lebih berguna daripada minum susu, apa pun jenisnya.

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

One thought on “Penjual Susu Murni Segar Pengganti Bear Brand di Lamongan

Bagikan pendapat Anda di sini