Pilihan Kuliah di Perguruan Tinggi Lamongan

DIREKTORI, UNIVERSITAS

Sebagian besar kita mungkin hanya tahu Unisda, Unisla, dan Umla. Selain ketiganya, sebetulnya masih banyak pilihan perguruan tinggi lainnya. 

Ada yang cabang Unair, “cabang ITS”, bahkan “cabang ITB”. Ada yang menawarkan kuliah S1 dan D3, ada juga yang setara D1 dan D2. 

Berikut daftar lengkap perguruan tinggi di Lamongan. Beberapa mungkin namanya asing. Beberapa bahkan tidak punya website. 

  1. Unisda

Kampus “ITS dan Unair Cabang Lamongan” ini pernah kami tulis di sini. Program studinya cukup banyak, silakan dilihat di website-nya. Kebetulan pendiri dan pengelola website ini adalah lulusan Unisda.  

  1. Umla

Pernah kami tulis di sini. Detail jurusan silakan klik situs Umla. Di Paciran juga ada kampus II Umla. Jadi anak Pantura tidak usah jauh-jauh ke Lamongan Kota.

  1. Unisla
Foto aridinataa_/

Sudah terkenal. Untuk detail jurusan, silakan kunjungi situs Unisla. Barangkali ada alumnus Unisla yang mau menulis buat LamonganPos seperti tulisan kami tentang Unisda? Silakan. Sama seperti Umla, Unisla juga punya kampus Paciran. Jadi, mahasiswa Pantura tidak usah jauh-jauh ke Lamongan Kota. 

  1. Akademi Keperawatan Pemkab Lamongan

Yang ini benar-benar kampus Unair cabang Lamongan. Akademi ini adalah kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Lamongan dengan Universitas Airlangga Surabaya. Kampus prakteknya ada di RSUD Dokter Soegiri Lamongan, Jl. Kusuma Bangsa. 

Akademi Keperawatan Pemkab LamonganJl. Kusuma Bangsa No.7
Telp 0322-324353
WebsiteTidak ada
  1. Akademi Komunitas Negeri Lamongan (Aknela)

Kampus ini mirip SMK tapi jenjang perguruan tinggi. Namanya mungkin tidak begitu terkenal padahal ini adalah kampus negeri. Kerja sama Pemkab Lamongan dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Jadi kampus ini adalah cabang PEN Surabaya. 

Websitenya Aknela.ac.id  tapi berandanya error. Ini sebetulnya adalah sebuah ironi mengingat Aknela menawarkan program studi D2 Teknik Informatika dan Multimedia Broadcasting.

Google MapsJl. Panglima Sudirman No. 125, Sawah, Banjarmendalan, Lamongan Kota
Telp +62322317454, (0322) 3101388
Instagramaknela_official/ 
Facebookaknela/ 
WebsiteAknela.ac.id 
  1. UNIPA Kampus Lamongan

Dulu kampus ini namanya STKIP PGRI Lamongan. Sejak tahun 2019, perguruan ini menjadi cabang dari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Punya dua program studi, yakni Pendidikan Ekonomi serta Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan.

UNIPA Kampus LamonganJl. Sunan Giri No. 35, Tumenggungan, Lamongan Kota 
Telp081334533569, 085815148508
Websitekampuslamongan.unipasby.ac.id/
  1. Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Ahmad Dahlan Lamongan

Kampus “ITB Cabang Lamongan” ini dulu bernama STIE KH Ahmad Dahlan Lamongan. Namanya berubah karena jurusannya tak hanya bidang ekonomi tapi juga teknik. Ada prodi S1 manajemen, S1 akuntansi, S1 teknologi informasi, D3 perpajakan, dan S2 Manajemen. 

ITB Ahmad Dahlan LamonganJl. Sunan Drajat No. 257,
Kalikapas, Lamongan
Telp 0322 – 315987
Google MapsKlik di sini
WebsiteAhmaddahlan.ac.id tapi error
FacebookBEM.ITB.AHMADDAHLAN.LAMONGAN/ 
  1. Universitas Billfath Sekaran

Universitas ini adalah bagian dari Pondok Pesantren Al Fattah Siman, Sekaran. Untuk ukuran perguruan tinggi di kecamatan pinggiran, Universitas Billfath menawarkan cukup banyak program studi, mulai dari pendidikan bahasa Indonesia, pendidikan bahasa Inggris, pendidikan kimia, matematika MIPA, fisika MIPA, biologi MIPA, teknik informatika, teknik mesin, teknik elektro, hingga ilmu hukum.

Universitas Billfath SekaranSawah, Siman, Sekaran
Telp03223385799, 0813-3040-0506
Websitebillfath.ac.id/ 
FacebookBillfathlamongan  
Instagrambillfathlamongan/ 
Google MapsKlik di sini
  1. Universitas Terbuka Lamongan

Ini perguruan tinggi nasional yang menyelenggarakan kuliah jarak jauh. Jadi, tidak punya kampus cabang Lamongan, melainkan hanya tempat administrasi. 

Sebagai salah satu universitas kawakan, UT menawarkan banyak sekali program studi. Selengkapnya bisa dilihat di situsnya. Kuliah di UT cocok buat karyawan karena bisa kuliah sambil bekerja. 

Universitas Terbuka LamonganJl. Veteran No. 9A, Lamongan. Sebelah selatan SMKN 2 Lamongan
Google MapsKlik di sini
Telp0852-2571-1119
Websiteut.ac.id/ 
  1. Institut Pesantren Sunan Drajat Paciran Lamongan

Perguruan tinggi ini adalah bagian dari Pondok Pesantren Sunan Drajat, Paciran, asuhan KH Abdul Ghofur. Program studinya cukup banyak tapi sebagian besar masih terbatas studi pesantren seperti pendidikan bahasa Arab, manajemen pendidikan Islam, ekonomi syariah, ma’had ‘aly, hukum keluarga Islam, hukum tata negara, bimbingan dan konseling Islam, komunikasi dan penyiaran Islam. 

Institut Pesantren Sunan Drajat Paciran LamonganBanjaranyar, Banjarwati, Paciran, Lamongan 
Google MapsKlik di sini
Telp (0322) 4661311, 0813-3071-3299
Websiteinsud.ac.id/ 
Facebookinsudlamongan/ 
Instagraminsudlamongan/ 
  1. Quick Smart Competencies

Lembaga ini menawarkan kuliah setahun setara D1 dengan konsentrasi perhotelan dan tata boga. Cocok buat yang ingin bekerja di bidang pariwisata atau usaha kuliner. 

Quick Smart CompetenciesJl. Sunan Giri Lamongan, sebelah selatan Terminal Lamongan
Google MapsKlik di sini
WA0821 9270 2016, 0857 555 78 772
Instagramqsclamongan.id
Websitehttps://quicksmartcompetencies.com/ 

12. Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah (Tabah)

Perguruan ini bagian dari Pesantren Tarbiyatut Tholabah Kranji. Menawarkan prodi-prodi keagamaan seperti pendidikan agama Islam, pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, pendidikan Islam anak usia dini, tadris bahasa Inggris, komunikasi dan penyiaran Islam, ilmu al Quran dan tafsir, ekonomi syariah, hukum ekonomi syariah.

Institut Agama Islam Tarbiyatut TholabahJl. Deandels 01 Kranji, Paciran
Google MapsKlik di sini
Telp085648983411
Websiteiai-tabah.ac.id/
Facebookiaitabah.lamongan
Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Bagikan pendapat Anda di sini