Pusat Oleh-Oleh di Lamongan Kota

ANEKA, DIREKTORI, KULINER, WISATA

Oleh-oleh khas Lamongan jalur pesisir sudah pernah kami tulis di sini. Di jalur Babat ada wingko Loe Lan Ing. Bagaimana dengan jalur Lamongan Kota?

Lamongan memang belum didesain sebagai kota wisata, jadi agak susah mencari oleh-oleh khasnya. Tidak ada sentranya. Orang Lamongan saja mungkin agak kerepotan mencari, apalagi pengunjung Lamongan.

Di deretan jalan sekitar stasiun kereta api, ada banyak toko kecil persis di pinggir jalan yang menjual oleh-oleh. Tapi parkirnya kurang nyaman. Pilihannya juga kurang banyak.

Kalau mau parkir nyaman dan tokonya sejalur dengan jalan raya Surabaya-Babat, kita bisa mengunjungi Gerai UMKM Lamongan di lantai 2 Lamongan Plaza seberang stasiun kereta api.

Gerai ini fokusnya adalah menjual produk-produk UMKM Lamongan. Banyak oleh-oleh unik di sini. Tidak hanya oleh-oleh makanan. Ada juga oleh-oleh kerajinan.

Beberapa contohnya:

  • Sirup gula merah

Produk ini diberi nama Gulo Cao Bathok dan Gulo Cendol Aren. Berupa sirup gula pekat. Bahasa lokalnya “juroh”. Bahannya gula kelapa, atau gula aren, dan nira siwalan (legen). Bentuknya sirup, jadi praktis.

Foto: TimesIndonesia

Cao adalah bahasa lokal dari cincau. Kedua sirup gula ini memang ditujukan untuk membuat es cao dan es cendol secara instan.  Tinggal tuang, aduk, siap diminum.

Aneka kopi instan

Ada kopi Manthan, juga kopi rempah. Lamongan tidak punya kebun kopi. Biji kopi Manthan didatangkan dari Sumatera dan diracik oleh UMKM di Desa Jotosanur, Tikung, Lamongan.

Kopi robusta ini disangari dengan level medium dark karena itu seduhannya bening cokelat, tidak hitam pekat seperti kebanyakan kopi. Rasanya juga soft sehingga bisa dicampur dengan minuman kekinian lain.

  • Aneka snack

Ada aneka olahan daun kelor, keripik gadung, stik cumi, kerupuk gedebog pisang, aneka jajanan jadul, wingko kriuk, ada juga kerupuk duri ikan yang kriuk-kriuk kaya kalsium.

Kerupuk debog pisang
Kerupuk duri ikan
Wingko kriuk
  • Aneka bumbu instan

Ada sambal rujak buah, sambal pecel, sambal teri, sambal ikan, bumbu nasi goreng, bumbu soto, bumbu lodeh, bumbu opor, dan sebagainya.

Ada juga Mi Traffic, maksudnya mi lampu lintas (bangjo) yang memakai pewarna alami hijau daun kelor dan merah buah naga.

  • Aneka minuman instan

Ada olahan jahe, temu lawak, kunyit asam, beras kencur, wedang kayu secang, olahan susu, dan sejenisnya.

  • Oleh-oleh kerajinan

Tak hanya oleh-oleh makanan, di sini ada juga kerajinan tangan, tas, sarung tenun, kerudung, batik, dll. 

Daftar katalognya bisa dilihat di aplikasi Pasar Online Lamongan. Bisa diinstal dari Play Store.

Gerai Oleh-Oleh UMKM LamonganLamongan Plaza Lan
Google MapsKlik di sini
Telp085648646164
Instagramgeraiumkm_lamongan
lamonganpos
Author: lamonganpos

Redaksi LamonganPos

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Bagikan pendapat Anda di sini