Batik Tulis “Customporer” Soedjono dari Sugio

MEGILAN

LamonganPos sudah pernah menulis batik tulis Sendang dan batik tulis Jugo Sekaran.

Ternyata, selain keduanya, Lamongan masih punya batik lain yang tak kalah megilan. Produk kerajinan tangan ini ada Dusun Medali, Desa Daliwangun, Sugio.

Wah Sugio punya batik? Jos tenan.

Batik ini terbilang masih sangat muda. Rumah produksinya baru berdiri Januari 2020. Walaupun usianya masih sangat muda, motif-motif batik ini tampak sudah matang dan percaya diri.

Pemilik usaha batik ini, Umbar Basuki adalah seniman lulusan Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya. Dari sekolah tinggi inilah Umbar memperoleh keterampilan seni ini.

Ada dua ciri utama dari batik yang dinamai Batik Tulis Soedjono ini, yaitu custom dan kontemporer. Disebut batik custom karena pembeli bisa memesan apa saja. Harga mulai Rp 150 ribu per biji (motif sederhana), tergantung kerumitan pembuatannya.

Batik BKKBN.

Tidak sekadar instruksi begini-begitu, pemesan bahkan bisa membawa lukisan motif pilihannya sendiri. Di sini lukisan itu diaplikasikan pada kain dengan canting. Jadi pemesan bisa sepenuhnya mengekspresikan diri lewat batik ini.

Motif batik bandeng lele ini dilukis sendiri oleh pemesan.

Karena selera pemesan tidak selalu sesuai pakem tradisional, motif Batik Soedjono ini cenderung kontemporer bergaya bebas. Cocok buat kaum milenial. Bisa tampil kekinian tapi dengan nuansa tradisional. Ini memang sesuai dengan misi Umbar agar anak-anak muda merasa bangga memakai batik tulis.

Karena menyesuaikan dengan pesanan, batik Sugio ini selalu siap sedia memenuhi kemauan pemesan. Mau bati khas Lamongan seperti bandeng lele, singo mengkok, atau gapuro, monggo mawon.

Mau motif burung hantu? Monggo.

Mau motif polo pendem dan pohon jati khas Lamongan Selatan juga monggo.

Motif polo pendem dan pohon jati.

Produk Soedjono tak hanya batik yang dikerjakan dengan canting. Ada juga shibori, yang dibuat dengan dengan teknik pewarnaan ala batik Jepang. Pewarnaannya mirip teknik “tye-dye” (ikat-celup). Kain dilipat-lipat, diikat dengan pola tertentu, kemudia dicelupkan ke pewarna sehingga menghasilkan pola mirip batik abstrak.

Beda dari batik sih tapi keren.

Kaos milenial tye-dye.
Batik Tulis SoedjonoDsn. Medali, Ds. Daliwangun, Sugio
Telp/WA0857-0793-6160
Facebookbatiktulis.soedjono
Instagrambatiktulis_soedjono
emailbatiktulis.soedjono@gmail.com
  
lamonganpos
Author: lamonganpos

https://lamonganpos.com/redaksi/

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Bagikan pendapat Anda di sini