Telur Asin Kalitengah yang Naik Kelas Premium

KULINER, WISATA

Selama ini kita cuma tahu telur asin adalah produk akhir dari telur bebek. Tapi di tangan Ainurrohmatin, emak-emak kreatif dari Desa Cluring, Kalitengah, telur asin ternyata bisa diolah menjadi aneka produk menarik seperti kerupuk, abon, dan sambal.

Telur asin pun tidak sekadar telur asin biasa. Dengan proses pengasapan menggunakan arang batok kelapa, telur asin menjadi berwarna cokelat dengan aroma yang khas.

Inovasi kuliner ini bisa meningkatkan nilai tambah telur bebek yang selama ini cuma identik dengan telur asin saja.

Dulu di tahun 2008, sebelum diolah menjadi aneka produk ini, telur bebek dijual mentah begitu saja ke pasar dengan harga yang murah, hanya Rp 1.200 per butir.

Di tahun 2009, telur bebek mulai diolah menjadi telur asin, dijual Rp 1.800 per butir. Naik sedikit. Tapi masih belum optimal.

Lalu Ainurrohatin mencoba berinovasi dengan aneka olahan telur asin. Sempat belajar pengolahan telur asin ke Brebes, Jawa Tengah. Kemudian coba-coba sendiri disesuaikan dengan selera pasar. Hasilnya, sekarang produk-produk Sabiq bisa dijual dengan harga premium.

Telur asin asap Rp 45.000/box isi 10
Sambel telur asin Rp 25.000/150 gr
Abon Telur Asin Rp 15.000/100 gr
Kerupuk telur asin matang Rp 6.000/60 gr

Untuk ukuran industri rumahan Lamongan, aneka produk olahan telur asin ini matoh tenan. Produk-produk yang diberi merek SABIQ ini kemasannya berupa boks karton yang elegan. Sekelas oleh-oleh premium. Tidak ngisin-ngisini untuk dibawa ke calon mertua.

Bersama Arumi Bachsin, istri Wakil Gubernur Jatim.

Saking matohnya, Sabiq beberapa kali menjuarai kompetisi UMKM tingkat provinsi. Persis seperti namanya “Sabiq” yang berarti “unggulan/pemenang”. Juara dari Lamongan.

Recommended-lah pokoknya!

ANEKA OLAHAN TELUR ASIN SABIQDs. Cluring, Kalitengah, Lamongan
Google Mapsklik di sini
WA085645046550
Instagram@sabiq.official
https://youtu.be/THPsKCgqkJk
lamonganpos
Author: lamonganpos

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Bagikan pendapat Anda di sini