Daftar Oleh-Oleh Makanan Khas Paciran dan Sekitarnya

KULINER, WISATA

Sebagian besar orang luar Lamongan mungkin hanya tahu wingko Babat. Padahal sebetulnya Lamongan punya banyak sekali pilihan.

Lamongan pesisir punya makanan khas dan oleh-oleh yang berbeda dari Lamongan Kota dan sekitarnya.

Di pesisir ada banyak tempat wisata yang layak dikunjungi. Wisata Bahari Lamongan (WBL), Goa Maharani dan Kebun Binatang Maharani (Mazola), Makam Sunan Drajat, Masjid Sendang Dhuwur, Wisata Pohon Trinil, Kafe Aola, dan pantai-pantai sepanjang pesisir, salah satunya Pantai Kutang.

Jika Anda berada di wilayah Lamongan Pantura, berikut pilihan oleh-olehnya:

  1. Jumbrek

Makanan ini terbuat dari tepung beras, santan, dan sirup gula siwalan, irisan nangka. Harum, lembut, dan manis. Jumbrek bisa diperoleh di sepanjang kiri-kanan  Jalan Raya Paciran.

LamonganPos merekomendasikan jumbrek Bu Karmini. Warungnya ada di seberang Apotek Karangasem Paciran, sekitar 2,5 km sebelah barat WBL. Google Maps klik di sini. WA 082143842842/082332273045. Instagram @jumbrekpaciran/

  • Legen

Legen merupakan nira sadapan pohon siwalan (lontar). Pohon siwalan merupakan palem-paleman yang banyak tumbuh di daerah kering seperti Lamongan pesisir. Legen, ditambah es batu, biasanya diminum di tempat. Bisa juga dibawa pulang dalam kemasan botol Aqua 1,5 liter.

Kekurangannya, legen mudah terfermentasi. Hanya tahan satu hari. Kalau sudah terfermentasi, rasanya kecut, tidak enak. Karena itu, kalau mau beli legen untuk dibawa pulang, pilih legen yang baru dipanen.

Di sepanjang kiri kanan Jalan Raya Paciran, banyak warung yang menjual legen. LamonganPos merekomendasikan legen di warung sebelah gerbang PT Lintech Paciran. Google Maps klik di sini. Legen di warung ini selalu baru. Dipanen pagi dan sore hari.

  • Gula Merah Siwalan

Gula merah dibuat dari legen yang direbus sampai kering. Gula merah yang asli tidak ada tambahan gula pasir, teksturnya masir. Manisnya harum dan lembut. Harganya agak mahal, sekitar tiga kali lipat dari harga gula pasir.

Ada juga gula merah yang dicampur gula pasir pada proses perebusannya. Harganya biasanya lebih murah. Tapi teksturnya cederung alot dan tidak begitu harum.

Di sepanjang kiri-kanan Jalan Raya Paciran, banyak warung yang menjual gula ini. Di warung sebelah PT Lintech juga tersedia gula merah yang asli.

  • Buah siwalan

Buah siwalan kupas (ental) biasanya disajikan sebagai es dawet. Diiris dadu, ditambah santan, sirup gula siwalan, dan es batu. Tapi bisa juga dibeli untuk dibawa pulang.

Teksturnya kenyal. Rasanya tawar, sedikit manis. Kalau siwalan dipetik terlalu tua, teksturnya alot. Di warung sebelah Lintech kita juga bisa mendapatkan ental yang kematangannya pas.

  • Sambal Rujak

Di Lamongan Pantura, rujak yang paling enak dan paling laris adalah Rujak Mak Tas. Google Maps klik di sini. Rujaknya enak karena pakai gula merah siwalan asli dan petis ikan asli. Tapi warung ini selalu ramai. Antriannya banyak sekali.

Kalau mau cepat, kita bisa membeli bumbu rujaknya saja untuk dibawa pulang. Dikemas di wadah cup, bumbu ini bisa tahan beberapa minggu walaupun tidak dikulkas.

Kini bumbu rujak paciran juga banyak dijual online. Yang cukup terkenal misalnya bumbu rujak Cahaya atau @rujakpaciran. Bisa dibeli di Shopee.

  • Petis Ikan

Petis Lamongan berbahan dasar ikan laut. Berbeda dari petis Surabaya dan Sidoarjo yang berbahan dasar udang. Karena berupa saripati ikan laut, petis Lamongan asin-gurih-agak amis. Cocok untuk pengganti garam dapur, terutama untuk bumbu rujak buah.

Petis yang asli hanya berisi saripati ikan. Teksturnya tidak lengket. Kebanyakan petis di pasaran sudah dicampur tepung, teksturnya lengket.

Di Pantura, ada beberapa pembuat petis ikan yang asli. Tapi petis-petis ini tidak dijual di toko oleh-oleh. Kalau ingin membeli petis asli, silakan ke warung Mak Tas. Biasanya di sini ada stok petis asli kemasan cup yang memang untuk dijual.

  • Keripik Sunduk

Keripik ini berbahan dasar ikan sunduk. Di Pantura, ada produsen keripik sunduk yang enak, renyah, dan tidak amis, yaitu Bu Um Blimbing. Tapi keripik ini tidak tersedia di toko oleh-oleh.

Di Shopee, ada beberapa penjual keripik sunduk. Walaupun tidak seenak keripik sunduk Bu Um, rasanya tidak mengecewakan.

Oleh-oleh bagian Lamongan Kota dan oleh-oleh kerajinan akan kami ulas di tulisan tersendiri.

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Bagikan pendapat Anda di sini