Pesantren Yi Man Karangasem Paciran

AlamatDesa Paciran
Telepon0322-661454
Ust. Hasan Ubaidillah 0821-4543-4831
Ust. Fatih Futhoni 0852 5782 0931
Ust. Aqil Aziz 085229944411
Websitewww.ponpeskarangasem.com
Emailponpeskarangasem@gmail.com
ponpeskarangasem@yahoo.com
Google MapsKlik di sini

Nama Karangasem bukan nama desa tempat pesantren ini berada. Pesantren ini disebut Karangasem karena dulu dirintis di sebuah pekarangan yang ada pohon asemnya.

Pesantren legendaris ini didirikan oleh Kiai Abdurrahman Syamsuri pada masa awal kemerdekaan, tepatnya tahun 1948. Dengan usia yang hampir seusia Republik Indonesia, Pesantren Karangasem sudah meluluskan ratusan ribu santri. Tidak hanya santri dari Lamongan dan sekitarnya, tapi juga dari seluruh Indonesia, bahkan ada juga yang berasal dari luar negeri.

Kiai Abdurrahman, yang oleh santrinya dipanggil Yi Man, telah wafat pada tahun 1997. Semasa Yi Man masih hidup, pesantren ini menjadi pilihan pertama bagi orang-orang tua yang menginginkan anaknya mondok. Yi Man adalah jaminan mutu.

Kiai Muhammadiyah yang kharismatik ini pernah menjadi Ketua Muhammadiyah Lamongan. Majunya amal usaha Muhammadiyah di Lamongan, khususnya di Paciran, tidak bisa dilepaskan dari peran Yi Man.

Sejak ia meninggal, belum ada penerusnya yang memiliki kharisma sepadan. Meski demikian, kerja kolektif para penerus Yi Man tetap bisa mempertahankan warisannya hingga kini.

Sekarang dengan banyaknya pilihan pesantren-pesantren baru di sekitar Paciran, yayasan yang menaungi Pesantren Karangasem bertransformasi mengelola banyak amal usaha di luar pesantren. Salah satunya adalah bidang kesehatan, yaitu Rumah Sakit Abdurrahman Syamsuri Paciran dan Apotek Karangasem.

Pesantrennya sendiri sekarang juga mengembangkan program tahfid Alquran. Tentu saja lembaga-lembaga pendidikan lainnya masih aktif sampai sekarang, mulai SMP, Tsanawiyah, SMA, Aliyah, sampai SMK. Komplet!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *