Pesantren Modern Al-Ishlah Sendangagung Paciran

DIREKTORI, PESANTREN
AlamatDesa Sendangagung, Kec. Paciran
Telepon082-12345-8301 (Putra) 082-12345-8302 (Putri)
Websitehttps://alishlah.ac.id/
Facebookfacebook.com/ppalishlah
Twittertwitter.com/ppalishlah
Instagraminstagram.com/ppalishlah
Sejarah Lengkaphttp://digilib.uinsby.ac.id/2554/6/Bab%204.pdf

Kecamatan Paciran bisa dikatakan sebagai daerah pinggiran yang cukup maju. Di sini ada Wisata Bahari Lamongan dan Maharani Zoo, Hotel Tanjung Kodok, dua rumah sakit, perguruan tinggi, dan banyak sekali pesantren.

Salah satu pesantren yang cukup bagus adalah Pesantren Al-Ishlah Sendangagung. Dirintis tahun 1986 oleh Muhammad Dawam Saleh, alumnus Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo yang juga doktorandus filsafat lulusan Universitas Gadjah Mada.

Sekarang pesantren ini menjadi tempat belajar bagi ribuan santri. Tidak hanya dari wilayah Lamongan dan sekitarnya, tapi juga dari luar Jawa Timur. Mulai dari tingkat SMP, Aliyah, sampai perguruan tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran dan Sains.

Salah satu kelebihan pesantren ini adalah program intensif bahasa Arab dan bahasa Inggris. Kurikulum ini diadopsi dari Pesantren Gontor karena pendiri pesantren ini adalah lulusan Gontor.

Kelebihan lain adalah biayanya yang murah. Untuk santri tingkat SMP dan Aliyah, uang makan bulanan hanya sekitar Rp 350 ribu, SPP di bawah Rp 100 ribu. Lebih detailnya silakan lihat PDF-nya di sini.

Kelebihan lain adalah adanya pendampingan sampai santri lulus dari aliyah, kemudian memilih dan diterima di perguruan tinggi. Proses pendampingan ini sangat membantu, terutama bagi orang tua santri yang tidak begitu paham dunia perguruan tinggi.

Banyak di antara lulusannya diterima di perguruan tinggi negeri karena memang pesantren ini kategorinya adalah pesantren modern. Dengan berbagai kelebihan ini, wajar jika Pesantren Al-Ishlah Sendangagung adalah salah satu pesantren unggulan Lamongan.

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

2 comments

Bagikan pendapat Anda di sini