Refresh Swimming Pool vs Kolam Renang Penanjan

BERMAIN, WISATA

Di Pantura ada dua kolam renang besar yang punya banyak pengunjung, yaitu Kolam Renang Penanjan di Paciran dan Refresh Swimming Pool di selatan Pasar Blimbing. Dalam hal bangunan, Refresh lebih luas, lebih indah, dan lebih modern daripada Penanjan. Refresh memang didesain sebagai tempat wisata.

Tapi dalam hal pengunjung, Penanjan masih jauh lebih meriah. Saking ramainya, pada hari libur kolam renang ini penuh sesak, sampai kadang tidak nyaman berenang di sini. Kelihatannya ini disebabkan oleh banyak faktor:

Foto: FB Refresh Swimming Pool

Tiket Refresh lebih mahal

Di Penanjan karcis masuknya murah meriah, cuma Rp 5.000. Tak peduli hari libur atau bukan. Sementara di Refresh tiket masuknya tergantung hari. Senin sampai Kamis tiketnya Rp 8.000. Tapi Jumat sampai Ahad Rp 10.000. Masih dua kali lipat karcis Penanjan.

Dulu saat awal Refresh buka tiketnya bahkan Rp 15.000, lalu sempat turun jadi 12.000. Tapi karena memang kolam renangnya bagus, tiket sebesar Rp 10.000 sebetulnya tidak terhitung mahal.

  • Air di Refresh agak bau kaporit

Walaupun letak kolam Penanjan di dekat laut, kualitas airnya bagus, tidak payau. Juga tidak bau kaporit. Ini agak berbeda dengan air di Refresh yang bening tapi masih tercium bau kaporit. Jika berenang agak lama, mata bisa sampai merah. Ini tidak menyenangkan buat anak-anak yang matanya sensitif.

  • Kolam Penanjan lebih hangat

Banyak anak-anak yang mengeluh, air kolam di Refresh lebih dingin. Sebetulnya yang membuat kolam Refresh lebih dingin bukan airnya tapi udaranya. Refresh berada dekat dengan hutan dan sawah sehingga anginnya cenderung kering dan lebih dingin. Berbeda dari Penanjan yang dekat laut sehingga angin yang bertiup membawa uap air laut yang hangat dan lembab.

Selain itu Refresh juga luas sekali. Di dalam kolam juga tidak banyak pepohonan tinggi yang menahan tiupan angin sehingga angin cenderung bertiup lebih kencang. Ini berbeda dengan kolam Penanjan yang tidak begitu luas, dan banyak pepohonan yang menahan tiupan angin.

Ada pendapat lain?

Jika ada, silakan tinggalkan komentar di bawah. Agar menjadi masukan bagi pengelolanya.

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Bagikan pendapat Anda di sini