Wisata Kapur Gunung Suru Lembor

ALAM, WISATA

link-surya1

Penulis: Auliyau Rohman

Gambar 2(1)

Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan tak pernah kehabisan tempat wisata. Setelah sebelumnya Pantai Kutang di Desa Labuhan dan Pohon Trinil di Dusun Wide, Desa Sendangharjo, satu lagi wisata baru muncul, yakni Gunung Suru Lembor di Desa Lembor.

Sebelum menjadi tempat wisata, Gunung Suru Lembor merupakan pegunungan kapur biasa. Sebagaimana umumnya pegunungan kapur yang ada di bagian utara Lamongan. Namun masyarakat sekitar mempunyai ide untuk mengubah pegunungan kapur tersebut menjadi lebih bermanfaat.

Gambar 4(1)

Afiq (23) warga Desa Lembor sekaligus tim perintis desa wisata atau dalam umumnya sering disebut Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ikut berperan dalam pembangunan Gunung Suru Lembor.

“Idenya muncul awal mulanya ketika pegunungan kapur ini tidak bisa digunakan untuk menanam padi karena tekstur tanahnya yang kurang mendukung. Kalau ditanami jagung ketika jagungnya sudah berbuah malah dimakan oleh monyet-monyet yang berada di pegunungan kapur ini,” kata Afiq.

Dari situlah, ia mengajak masyarakat desa bermusyawarah lalu membahas untuk dibentuknya pegunungan itu menjadi wisata kekinian. Apalagi kondisi alamnya sudah mendukung.

Gambar 1(1)

Diberi nama Suru Lembor sebab pegunungan kapur tersebut sering ditumbuhi tanaman suru (semacam kaktus yang berbentuk seperti centong nasi). Masyarakat sekitar menyebutnya tanaman entong-entongan. Sementara nama Lembor diambil dari nama desa tersebut.

“Gunung Suru Lembor sendiri jika dilihat dari maps, kurang lebih memiliki tinggi sekitar 200 mdpl (meter dari permukaan laut),” imbuhnya.

Pembiayaan untuk menjadikan Gunung Suru Lembor hampir seluruhnya dari desa. Rencananya, waduk Desa Lembor yang juga berada di tempat itu akan dijadikan tempat wisata. Luas waduknya sekitar 6 hektare. Rencananya, akan ada wahana sepeda air, bebek air, dan tempat pemancingan.

Gambar 3(1)

Pada Rabu (25/7/2018), Bupati Lamongan H. Fadeli, SH. MM resmi membuka wisata Gunung Suru Lembor di Desa Lembor, Kecamatan Brondong, Lamongan. Pembukaan tersebut dilakukan dengan pemotongan pita.

Gunung Suru Lembor memiliki spot-spot foto antara lain pintu langit, dream star, dan studio alam. Selain itu Gunung Suru Lembor bisa dijadikan  sebagai tempat perkemahan, out bound dan bahkan panjat tebing.

Bagi kalian yang ingin menggunakan mobil bersama keluarga menuju lokasi tak perlu khawatir. Akses jalan menuju Gunung Suru Lembor bisa ditempuh dengan mobil.

Untuk mengikuti kegiatan atau ingin tahu lebih tentang Gunung Suru Lembor bisa diakses melalui Instagram @lemborbeautiful atau jika ingin langsung berkunjung ke lokasi bisa mengetik di google maps Gunung Suru Lembor.

lamonganpos
Author: lamonganpos

Silakan bagikan, klik ikon di bawah

Bagikan pendapat Anda di sini